Berita

Studi Banding HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya X KMTL Universitas Brawijaya Malang

Studi Banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan yang dapat diterapkan  untuk perbaikan di masa depan. Tentunya kegiatan seperti ini  sangat membantu perkembangan  organisasi agar berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan utama melakukan studi banding  adalah untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin informasi yang tersedia secara empiris dalam situasi teknis nyata. Ini berfungsi sebagai barometer dan perbandingan untuk menemukan pembaruan yang tepat untuk rencana jangka pendek dan jangka panjang di masa depan serta menjalin silaturahmi antar sesama.

Motto pada kegiatan Studi Banding terdapat pada Firman Allah SWT yang tercantum pada Q.S. Al Isra’ ayat 7 dan Q.S. Al Hujurat ayat 13 yang memiliki arti :

“Jika berbuat baik, (berarti) kamu telah berbuat baik untuk dirimu sendiri. Jika kamu berbuat jahat, (kerugian dari kejahatan) itu kembali kepada dirimu sendiri. Apabila datang saat (kerusakan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu, untuk memasuki masjid (Baitul Maqdis) sebagaimana memasukinya ketika pertama kali, dan untuk membinasakan apa saja yang mereka kuasai”. (Q.S. Al Isra’ 17:7)

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa”. (Q.S. Al Hujurat 49:13)

Pada kesempatan kali ini HMTL UINSA telah melakukan Studi Banding yang ke 3. Kegiatan Studi Banding ke 3 ini dilaksanakan secara luring di kampus Universitas Brawijaya pada tanggal 11 November 2023. Kegiatan Studi Banding dimulai pada pukul 14.00 s.d selesai yang diawali dengan registrasi peserta dan pembukaan yang dimana pembukaan itu terdiri dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan Ketua Pelaksana dan Kahima dari setiap Himpunan Mahasiswa. Pelaksanaan Studi Banding ini dihadiri oleh 32 mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan Studi Banding ini berisi pemaparan materi mengenai program kerja dan agenda setiap himpunan yang dimana pemaparan materi tersebut dibawakan langsung oleh ketua dari masing-masing himpunan.

Kemudian dilanjut sesi tanya jawab mengenai pemaparan yang disampaikan oleh masing masing ketua himpunan. Setelah itu masuk ke sesi FGD (Focus Discussion Group). FGD sendiri merupakan bentuk wawancara semi-terstruktur dengan fokus pada topik yang telah ditetapkan sebelumnya dan dipandu oleh seorang moderator ahli. Yang dimana di sesi FGD ini setiap departemen membentuk kelompok sesuai bidangnya masing masing untuk saling berdiskusi mengenai program kerja, agenda, perkuliahan dan lain lain yang berhubungan dengan organisasi dan kampus.

Dari kegiatan Studi Banding ini diharapkan kedua belah pihak saling mempererat tali silaturahmi menjalin hubungan dan kerjasama, dapat meningkatkan kinerja dari masing masing organisasi serta dapat mengevaluasi diri sendiri untuk lebih baik kedepannya.