Berita

Studi Banding HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya X HIMA K3 Universitas Airlangga 2023

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan kegiatan Studi Banding dengan Himpunan Mahasiswa K3 Universitas Airlangga dengan tema The Harmony in Learning for Sharing, Balancing, and Improving Organizations Performance” dengan harapan setelah melakukan kegiatan Studi Banding ini Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Motto pada kegiatan Studi Bandig terdapat pada Firman Allah SWT yang tercantum pada Q.S. Al Isra’ ayat 7 dan Q.S. Al Hujurat ayat 13 yang memiliki arti :

“Jika berbuat baik, (berarti) kamu telah berbuat baik untuk dirimu sendiri. Jika kamu berbuat jahat, (kerugian dari kejahatan) itu kembali kepada dirimu sendiri. Apabila datang saat (kerusakan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu, untuk memasuki masjid (Baitulmaqdis) sebagaimana memasukinya ketika pertama kali, dan untuk membinasakan apa saja yang mereka kuasai”. (Q.S. Al Isra’ 17:7)

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa”. (Q.S. Al Hujurat 49:13)

Kegiatan Studi Banding dilaksanakan secara luring di kampus Universitas Airlangga Gedung Kuliah Bersama Lt. 2.08 pada tanggal 27 Agustus 2023. Kegiatan Studi Banding dimulai pada pukul 09.00 s.d selesai yang diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Kahima dari setiap Himpunan Mahasiswa. Pelaksanaan Studi Banding ini dihadiri oleh 135 mahasiswa diantaranya terdiri dari Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebanyak 61 mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa K3 Universitas Airlangga Surabaya sebanyak 73 mahasiswa.

Kegiatan Studi Banding ini berisi pemaparan materi mengenai progam kerja dan agenda setiap himpunan yang dimana pemaparan materi tersebut dibawakan langsung oleh ketua dari masing-masing himpunan.

Kemudian dilanjut sharing session yang dimana dari setiap departemen membentuk forum untuk saling berdiskusi serta bertukar pikiran mengenai program kerja, agenda dan sistem perkuliahan di masing masing jurusan.

Diakhir kegiatan kedua belah pihak saling memberikan cindera mata lalu kemudian di tutup dengan foto bersama dan pembuatan konten tiktok.

Dari kegiatan Studi Banding dengan tema “The Harmony in Learning for Sharing, Balancing, and Improving Organizations Performance” ini diharapkan kedua belah pihak saling memperererat tali silaturahmi dan dapat meningkatkan kinerja dari masing masing organisasi serta dapat mengevaluasi diri sendiri untuk lebih baik kedepannya.