Agenda

Sidoarjo–(30/08/2023) Berusaha berikan yang terbaik dari segi pelayanan, Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PALP UINSA) dengan terbuka mengundang sejumlah lembaga mitra yang telah bekerja sama untuk hadir di The 3rd International Conference on Sustainable Health Promotion 2023 (ICOSHPRO) .

Dalam kegiatan, salah seorang perwakilan mitra menuturkan keresahannya terkait ketimpangan inteligensi peserta didik. Menurutnya psikologi merupakan hal yang penting, jika para siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka beban psikologis di antaranya bisa jadi lebih berat. Oleh sebab itu, lembaga yang asesmen inteligensinya dinaungi PALP itu membutuhkan pengarahan. Wacana tentang pengadaan sosialisasi pun perlu dibicarakan lebih lanjut antara kedua belah pihak.

Adapun harapan dibagikannya aplikasi Pelayanan Bimbingan Konseling sehingga lembaga mitra bisa mendapatkan bantuan terkait regulasi–dengan kata lain mendukung mereka dalam suatu permasalahan. Namun menurut Lucky Abrorry, M.Psi selaku Direktur PALP, hal tersebut merupakan ranah hukum sehingga koordinasi akan dilakukan dengan relasinya dari Program Studi Hukum UINSA.

Di samping itu, lembaga mitra juga berharap PALP bisa menjadi konsultan psikologi di dalam madrasah. Pasalnya, perkembangan anak-anak usia remaja menjadi isu yang krusial. Dalam penyampaiannya, beliau sempat menyebutkan film “Taare Zameen Par” yang berkisah tentang anak pengidap slow learner namun berbakat dalam bidang seni. Meski tak memiliki bakat dalam akademik, perwakilan mitra itu percaya bahwa peserta didik pasti memiliki kemampuan yang unggul di bidang lain.

Selain itu, lembaga mitra juga menginginkan adanya kegiatan workshop terkait wawasan profesi untuk peserta didik. Mendengar itu, dengan senang hati pihak PALP akan membuat rencana pelaksanaan secara tatap muka dalam waktu dekat. Klasifikasi tes minat menggunakan asesmen “Rothwell Miller Interest Blank (RMIB)” juga diharapkan dapat dikategorikan ke dalam mata pelajaran, sehingga rekomendasinya lebih sesuai dengan program yang telah disediakan oleh madrasah, serta pengajar bisa lebih mudah memetakkan minat para peserta didiknya.

Di penghujung kegiatan, pihak PALP mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada lembaga-lembaga mitra yang telah hadir dan berkontribusi dalam usaha peningkatan layanan ini. Dengan lekatnya kerja sama antara kedua belah pihak, Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan I menyampaikan harapannya agar program magang bagi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan dapat dilaksanakan dengan melibatkan koneksi yang telah terjalin tersebut.

Writer: Ayda Zaqiyatunnisa