Berita

Dalam era Revolusi Industri 5.0 yang menandai terobosan teknologi terkini, integrasi kecerdasan buatan (AI) menjadi poin sentral dalam transformasi berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Menanggapi hal ini, IndoMS Jawa Timur dan Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya bersinergi untuk menyelenggarakan webinar bertajuk: “Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Artificial Intelligence (AI)”. Acara tersebut dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 25 November 2023 dan dihadiri oleh ratusan peserta dengan background pendidik.

Dua narasumber utama yang membagikan wawasan dan pengalaman mereka dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran adalah Prof. Dr. techn. Drs. Mohammad Isa Irawan, MT, dari Laboratorium Machine Learning dan Big Data, Departemen Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Nurissaidah U., M.Kom dari Prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prof. Dr. Mohammad Isa Irawan, dalam presentasinya, menyoroti perkembangan pesat kecerdasan buatan dan penggunaannya yang semakin meluas dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menyampaikan, “Hanya dalam lima tahun terakhir, AI telah berubah dari penelitian akademis menjadi pembahasan utama di tingkat internasional, termasuk dalam forum PBB.”

Beliau menekankan potensi AI untuk meningkatkan pembelajaran, seperti membuat kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan memberikan umpan balik cepat melalui alat-alat seperti Top Hat, Kopilot Pendidikan, dan ChatGPT. Prof. Dr. Irawan juga menggarisbawahi penggunaan AI dalam menyediakan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan gaya belajar siswa.

Narasumber kedua, Nurissaidah, membagikan praktik penggunaan AI dalam membuat media pembelajaran. Ia menyebutkan penggunaan Lumen untuk pembuatan video berbasis teks, optimasi Google Slides menggunakan AI, pemanfaatan Gamma untuk otomasi materi presentasi yang lebih interaktif, dan Quizziz untuk pembuatan soal kuis dari input materi presentasi, modul atau blog.

Yuniar Farida, Kaprodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya, juga memberikan pernyataan tentang pentingnya integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran matematika. “Acara ini bagus karena memberikan kesempatan bagi para pendidik untuk memahami lebih dalam tentang pemanfaatan teknologi AI dalam pembelajaran,” ujar Yuniar Farida.

Beliau menekankan bahwa kecerdasan buatan dapat menjadi alat efektif dalam membentuk masa depan pendidikan matematika yang lebih inovatif dan adaptif. “Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus diadakan guna terus memperkaya dan memajukan pembelajaran matematika di Indonesia.” tutupnya.