Berita

UINSA Newsroom, Jumat (14/06/2024); Eka Nur Wahyu S.R., seorang mahasiswa Ekonomi Syariah dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, telah menciptakan gebrakan dengan menyusun satu-satunya skripsi kreatif berbasis proyek dengan pendekatan Community Development dan Pengembangan Masyarakat di Desa Ambal-Ambil, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Dalam rangka menyelesaikan skripsinya, Eka bekerja sama dengan Laboratorium Bank Sampah Syariah (BSS) UINSA melalui program pengabdian Desa Binaan.

Program Desa Binaan ini merupakan inisiatif pertama yang dicetuskan Laboratorium BSS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA, yang mendapat dukungan penuh dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Achmad Room Fitrianto, dan Kepala Laboratorium FEBI, Ajeng Tita Nawangsari.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Desa Ambal-Ambil melalui pengolahan dan pemanfaatan sampah. Langkah awal yang dilakukan oleh Eka adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara mengolah dan memanfaatkan limbah sampah. Selain Eka, beberapa dosen juga ikut serta dalam memberikan edukasi, pengarahan, dan pendampingan kepada warga.

“Untuk memperkuat program ini, Eka dan tim relawan dari Laboratorium BSS UINSA mendorong masyarakat desa untuk mendirikan Bank Sampah Desa. Mereka memulai dengan pembentukan kepengurusan Bank Sampah, pembangunan tempat pengumpulan sampah, pembuatan tabungan sampah, dan pembagian wadah sampah kepada masyarakat,” terang Achmad Room.

Seiring berjalannya waktu, operasional dan manajemen Bank Sampah Desa berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi, Eka dan tim relawan mengembangkan aplikasi BSS secara mobile, yang dapat membantu dalam pencatatan jumlah sampah maupun total tabungan nasabah. Aplikasi ini telah diuji coba oleh Eka dan pengurus Bank Sampah Desa, yang merasa sangat terbantu dengan pencatatan secara online. “Aplikasi ini memudahkan proses pengelolaan dan dinilai sangat efisien oleh pengguna” imbuhnya.

Melalui skripsinya yang inovatif ini, Eka Nur Wahyu S.R. tidak hanya menyelesaikan tugas akademiknya. Tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Ambal-Ambil dalam mengatasi permasalahan lingkungan. “Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lain dalam melakukan penelitian skirpsinya melalui penelitiaan pengabdian masyarakat berbasis proyek,” tukas Achmad Room.

Keywords: Skripsi Kreatif, Mahasiswa Berprestasi, Bank Sampah, BSS Mobile