Berita

Jumat, 3 Maret 2023 Fakultas Tabiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya adalakan Pengenalan Kampus dan Job and Career. Acara ini digelar dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang dunia kampus dan persiapan karir kepada mahasiswa dan alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Acara diadakan secara luring untuk mahasiswa dan alumni Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Ampel yang bertempat di Hall Lantai 4 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA. Sebanyak 300 (tiga ratus) peserta menghadiri kegiatan pengenalan kampus dan Job and Career dan jararan pimpinan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UN Sunan Ampel Surabaya dimulai dari Dekan, Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi. Menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya masing-masing yakni Roihatul Ilmi, S.Pd yang merupakan alumni Prodi PGMI yang sukses dan lolos seleksi CPNS dan Arida Nailatus S, S.Hum yang merupakan Karyawan BUMN.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Dasar Bapak Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd mewakili Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar terus mengasah skill yang dimiliki agar dapat sukses berkarir di dunia kerja. “Tidak ada siapapun yang berhasil mencapai kesuksesan tanpa kerja keras. Kenali dirimu, asah terus potensi dan skillmu, jadilah UNIK ketika dirimu bekerja agar orang daat melihatmu”, tutur Ketua Jurusan Pendidikan Dasar.

Sesi Talkshow dibuka oleh pemateri pertama, Ibu Arida Nailatus Salamah, S.Hum dengan tema “Tantangan dan Peluang Dunia Kerja di BUMN”. Beliau menjelaskan tentang tantangan dunia kerja, memberikan tips-tips untuk mendapatkan pekerjaan serta memberikan pengalaman kepada para alumni dan mahasiswa tentang tahapan-tahapan seleksi sebagai pegawai BANK BTN. Banyak lika-liku selama perjalanan karir beliau, “saya di tolak 28 kali melamar pekerjaan dan mencoba lagi Alhamdulillah akhirnya di terima” beliau juga berpesan “ada salah satu teori radiasi yakni ketika ada orang yang menjual minyak wangi maka dia akan wangi begitu pun dengan yang lainnya, pilihlah pergaulan yang baik karena semua mempengaruhi diri kita karena yang menentukan kesuksesan itu seringkali siapa yang menjadi pembisiknya.”, tukas pegawai BUMN tersebut.

Talkshow sesi dua disampaikan oleh Ibu Roihatul Ilmi S.Pd yang memberikan tips dan trik lolos CPNS dan PPPK serta tahapan-tahapan tes CPNS. Dalam pemaparannya, beliau menyebutkan bahwa Tes CPNS tidak hanya untuk guru tetapi kementerian-kementerian yang lain juga membuka untuk  formasi tertentu. Beliau berpesan “tes untuk guru itu berlaku lulusan S1 sedangkan untuk yang lain bisa dari lulusan SMA tidak harus S1 dan PPPK hanya untuk guru yang terdaftar di simpatika dan dapodik saja, sungguh-sungguh lah dalam berjalan (apa yang di lakukan) suatu saat kamu akan sampai pada tujuan”.

Seusai kedua pemateri memaparkan materinya, moderator yang merupakan Sekretaris Pendidikan Dasar Bapak Sulthon Mas’ud, M.Pd.I membuka sesi tanya jawab. Seluruh peserta sangat antusias memberikan pertanyaan seputar bagaimana agar lulus seleksi CPNS dan BUMN. Semoga dengan kegiatan Job and Career ini dapat menghatarkan alumni siap untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan mereka dapat meningkatkan kualitas karir di masa depan.