Berita

Kelompok Studi Lingkungan HMTL UINSA

Kelompok Studi Lingkungan dengan nama KancaSemar ini merupakan program kerja dari departemen Keilmiahan dan Keprofesian (ILPRO) dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) UIN Sunan Ampel Surabaya. Kelompok Studi Lingkungan baru masuk di program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya pada periode 4 tahun 2017/2018. Kelompok Studi Lingkungan ini memiliki beberapa agenda seperti Focus Grup Discussion atau yang biasa disebut FGD, Enviro Traveling, Webinar, dan Enviro Project.

Focus Grup Discussion (FGD) ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk berdiskusi tentang masalah lingkungan terkini dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Focus Grup Discussion dalam periode ini dilaksanakan sebanyak 7 kali dengan mengusung tema yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut :

  1. Focus Group Discussion Internal I dengan tema “Sampah Digital Seperti Email Berdampak Pada Pemanasan Global”
  2. Focus Group Discussion Internal II dengan tema “Kemajuan Teknologi Industri 4.0 Berdampak pada Degradasi Lingkungan”
  3. Focus Group Discussion Internal III dengan tema “Dampak Korupsi Kebijakan Terhadap Masa Depan Lingkungan Hidup”
  4. Focus Group Discussion IV bertema “Dampak Korupsi Kebijakan Terhadap Masa Depan Lingkungan Hidup”
  5. Focus Group Discussion V bertema “Bagaimana Mengetahui Indikator Lingkungan Udara Sehat”
  6. Focus Group Discussion Eksternal  Warga: bertema ”Konsep Forest City Dapat Mengembalikan Ruang Hijau Atau Hanya Sekadar Slogan?”
  7. Focus Group Discussion Eksternal  Maba: bertema ”This Is Your Planet Go Green”

Focus Grup Discussion Internal I-V dilaksanakan oleh anggota Kelompok Studi Lingkungan itu sendiri yang dimana dilakukan secara online dengan media google meet dan di ikuti oleh 10-15 anggota di setiap Focus Grup Discussion.

Lalu untuk Focus Grup Discussion 6 dan 7 ditujukan untuk warga dan mahasiswa baru Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya yang dimana di ikuti oleh kurang lebih 60-70 peserta.

Tujuan dari Focus Grup Discussion yaitu agar kita dapat mengetahui masalah lingkungan apa yang sedang terjadi saat ini dan juga mengetahui solusinya melalui diskusi bersama, dan juga menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Untuk hasil dari Focus Grup Discussion dijadikan semacam poster yang nantinya akan di upload di instagram dari Kelompok Studi Lingkungan yaitu kancasemar.

Agenda yang kedua yaitu Enviro Traveling dilaksanakan sebanyak 2 kali pada periode saat ini. Enviro Traveling pertama kami melakukan kunjungan pada tanggal 10 Januari 2023 di IPAL SIER Rungkut yang berkolaborasi dengan departemen Hubungan Luar dari HMTL itu sendiri. Dalam kegiatan tersebut kami melakukan pembelajaran outdoor, dijelaskan secara langsung oleh pekerja IPAL tersebut terkait bangunan yang ada dan kegunaan dari disetiap bangunan tersebut seperti Bak Prasedimentasi yang digunakan untuk mengendapkan partikel diskrit, Oxidation Ditch digunakan untuk menghilangkan mikroba yang ada dalam air, Clarifier untuk mengendapkan partikel partikel yang ada agar air dapat menjadi jernih, dan yang terakhir ada Bak prasedimentasi akhir.

Enviro Traveling kedua dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2023 di Kampung Pintar Oase Tembok Gede Surabaya. Dalam kegiatan tersebut kami dijelaskan tentang awal mula kampung pintar dibentuk, lalu ada apa saja inovasi yang ada di kampung tersebut seperti hidroponik, aquaponik, robot delta, solarcell, daur ulang, komposter, tusuk delujur, kampung sayur, dan kamera CCTV dari sampah, dan juga konsistensi yang dilakukan oleh warga dan juga RT di kampung tersebut. Lalu diadakan sesi diskusi dan sesi tanya jawab sebelum akhirnya dilakukan pembelajaran outdoor dengan keliling kampung ditemani dan dijelaskan oleh bapak RT kampung tersebut.

Agenda ketiga yaitu Webinar HMTL UINSA dengan tema Ekonomi hijau untuk masa depan dan peran serta implementasi di era society 5.0 yang dilaksanakan pada hari minggu, 31 juli 2022 via zoom meeting dan terbuka untuk umum. Pada saat itu kami mengundang 2 narasumber yaitu Ana Toni Roby Chandra Yudha, SEI., M.SEI, dosen ekonomi syariah UINSA dan Arfan Arlanda CEO Jejak.in. Acara dimulai pukul 10.00 dengan pembukaan, pembacaan doa, sambutan, pemaparan materi pertama dari Bapak Roby, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Bapak Arfan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusiasme dari peserta cukup baik dalam mengikuti webinar kali ini dengan aktif bertanya dan diikuti oleh 100 peserta umum.

Agenda keempat yaitu Enviro Project yang dilaksanakan pada hari minggu, 19 juni 2022  berlokasi di Jalan Wonocolo Gang VII, RT 01, RW 05 Kelurahan Wonocolo, Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kampung mitra dengan Kelompok Studi Lingkungan dengan memberikan pelatihan budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember) sekaligus pengabdian masyarakat dalam pemanfaatan lahan sempit untuk pemberdayaan warga di desa tersebut. Di desa tersebut kami melaksanakan sosialisasi dan pembuatan budidaya ember. Pada awalnya dari departemen Keilmiahan dan Keprofesian menyiapkan alat dan bahan berupa ember 80 liter, arang batok kelapa, gelas plastik, benih lele ukuran 5-12 cm sejauh 60-100 ekor, tong, kawat kecil yang bisa dibengkokkan, bibit kangkung, dan solder. Sedangkan, dari pihak Departemen Sosial dan Masyarakat menyalurkan tong dan bibit tanaman. dilanjutkan oleh kegiatan berupa penyerahan budidaya dalam ember kepada para warga Kampung Mitra pada pukul 09.40 WIB. Selesai kegiatan penyerahan budidaya dalam ember, kegiatan ditutup pada pukul 09.50 WIB. Dan juga, dilakukan kegiatan controlling yang  guna mengetahui perkembangan dari ikan lele dan tanaman hidroponik