Berita

Jumat, 02 Desember 2022 perpustakaan UINSA menyelenggarakan kegiatan upgrading kepada pustakawan dengan mengusung topik “Sharing Knowledge Model Layanan dan Pemanfaatan Perpustakaan Mancanegara.” Kegiatan yang diselenggarakan di smart room perpustakaan ini menghadirkan dosen UINSA, yaitu Fitria, Ph.D. dan Dr. Iksan, M.Pd.I sebagai narasumber.  Kedua narasumber merupakan lulusan dari University of Canberra dan Australian National University yang akan berbagi pengalaman serta pengetahuan terkait perpustakaan yang ada di universitas tersebut.

Fitria menyebutkan bahwa selama menggunakan layanan di perpustakaan, beliau selalu mendapatkan referensi yang dibutuhkan.

“Kalau disana (perpustakaan) tidak ada, maka perpustakaan akan mencarikan di perpustakaan lain, jadi tidak ada referensi yang tidak bisa kita dapatkan.” tutur Fitria

Dalam pemaparannya kedua narasumber menyebutkan bahwa perpustakaan terasa layaknya rumah “homey.” Hal ini tidak terlepas dari layanan yang diberikan oleh perpustakaan seperti workshop penulisan tesis, penyediaan software yang dibutuhkan dalam mengelola data, akses referensi 24 jam dan lain sebagainya. Narasumber juga menyatakan bahwa model layanan yang ada dibuat semandiri mungkin, sehingga interaksi antara pemustaka dan pustakawan terjadi apabila pemustaka mengalami kendala.

Menanggapi pemaparan yang telah disampaikan, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. selaku kepala perpustakaan sangat antusias dengan program dan layanan yang tersedia di perpustakaan tersebut. Hal ini juga didukung oleh Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. (sekretaris) bahwa kegiatan ini dilakukan dalam upaya menambah wawasan khususnya kepada pustakawan UINSA terkait fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan mancanegara, sehingga dapat menjadi referensi untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pustakawan serta layanan di perpustakaan UINSA. (Dep)