Berita
Setelah Dua Tahun Vakum, Festival Araby 2022 Tingkat Nasional Kembali digelar Oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya

Sabtu, 12 November 2022 – Diadakan kegiatan Festival Araby 2022 : Tingkat Nasional Pelajar, Mahasiswa, dan Umum, dengan tema “استكشاف إمكانات الفنون العربية خلال وجود المهرجان العربي Eksplorasi Potensi Seni Bahasa Arab melalui Restorasi Festival Araby”. Kegiatan Festival Araby Tingkat Nasional ini diikuti oleh Ratusan peserta dari seluruh sekolah/madrasah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan perlombaan yang terdiri dari 7 cabang lomba ini berlangsung mulai dari bulan Oktober 2022 sampai dengan Final Festival Araby 2022 Tingkat Nasional pada bulan November 2022. Lomba-lomba tersebut diantaranya terdapat lomba khusus pelajar yaitu Khitobah (pidato bahasa Arab) dan Taqdimul Qishoh (bercerita bahasa Arab, untuk mahasiswa dan umum ada Imathoh (cerdas cermat), Ghina’ Araby (bernyanyi lagu berbahasa Arab) dan Kaligrafi, adapun lomba khusus bagi mahasiswa baru 2022 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu pemilihan Adam Hawa (Duta Festival Araby) dan Bazar. Kegiatan pembukaan Final Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional ini dihadiri oleh Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa, Afida Safriani, MA, PhD.

Kegiatan diawali dengan tari mayang madu sebagai tarian pembuka dan dilanjutkan dengan tari saman sebagai suguhan selamat datang bagi para undangan dan khususnya bagi para peserta lomba. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA.

Ketua Panitia kegiatan Festival Araby Tingkat Nasional 2022, Faridatul Azza. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan Festival Araby. Tak lupa, Ketua Pelaksana juga mengucapkan selamat kepada finalis lomba dalam Festival Araby 2022 sehingga mereka dapat berkompetisi secara offline dihadapan dewan juri. Kegiatan Festival Araby 2022 sendiri pelaksanaannya dilaksanakan secara hybrid dan final yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 12 November 2022 secara offline di Gedung SAC UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ketua HMP Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Ali Murteza menyampaikan bahwa kegiatan Festival Araby 2022 Tingkat Nasional sudah tidak diadakan secara offline selama dua tahun dan dia mengucapkan selamat kepada para finalis Festival Araby 2022 Tingkat Nasional yang sudah sampai seleksi ini. Ketua HMP Pendidikan Bahasa Arab berharap agar peserta Finalis Festival Araby 2022 Tingkat Nasional tetap menjunjung nilai sportifitas dan tidak berhenti berproses pada kegiatan ini saja.

Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa, Afida Safriani, MA, PhD. Beliau mengucapkan terimakasih atas kerja keras yang diberikan oleh panitia serta mengucapkan selamat kepada seluruh finalis. Beliau juga mengungkapkan bahwasannya kegiatan Festival Araby ini sebagai salah satu upaya dalam membumikan bahasa Arab dikalangan pelajar dan mahasiswa. Dengan adanya Festival Araby, kompetisi bertajuk bahasa Arab ini Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa berharap agar generasi muda memiliki spirit dalam belajar bahasa Arab.

Setelah sambutan Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa, beliau melanjutkan simbolis pembukaan kegiatan dengan pemukulan gong dan acara pembukaan pun diakhiri dengan doa oleh H. M. Fadli Rosyid, LC, MTHI., yang merupakan salah satu juri dalam acara final Festival Araby 2022. Kegiatan dilanjutkan dengan moving room oleh peserta dan panitia menuju ke ruangan lomba masing-masing.

Sekitar pukul 15.49, tibalah saat penutupan kegiatan Festival Araby 2022 yang diakhiri dengan pengumuman juara lomba. Cabang Lomba Imathoh; Juara 1 Muhammad Dzikri (Universitas Negeri Malang), Juara 2 Khoirun Nisa (MA Darullughoh), Juara 3 Bintang Ramadhan (Universitas Nurul Jadid). Cabang Lomba Ghina’ Araby; Juara 1 Finni Aghisna Putri (MAN 3 Jombang), Juara 2 Nazwa Renata Aurilia (MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo), Juara 3 Ahmad Roihan Al Farizi (UIN Sunan Ampel Surabaya). Cabang Lomba Khitobah; Juara 1 Ahmad Hadziqul Faroid (MA Mambaus Sholihin), Juara 2 Indah Wardatul Jannah (MA Al- It tihad Poncokusumo), Juara 3 Ahmad Firqi Nashrullah (SMA Ulul Albab). Cabang Lomba Taqdimul Qishoh; Juara 1 Nurul Badriyatul Ilba (MAN 3 Jombang), Maulidia Riskia Nur Kholifah (Az Zainiyah Nurul Jadid), Juara 3 Intan Nur Mardlotillah (MA Al Karimi). Cabang Lomba Kaligrafi; Juara 1 Najwa Aulia Rahmadani (MA Al Asyhar), Juara 2 Mumtahanah Najiyah (MA Muhammadiyah 1 Paciran), Juara 3 Aqbila Rizqi Ameliya (MA Al Asyhar), Juara Harapan 1 Aidatus Salsabila (SMA Muhammadiyah 6 Paciran), Juara Harapan 2 Adinda Oktavia Setiowati (MAN 3 Jombang), Juara Harapan 3 Anindya Clarina Qotrunnada (MA Al Asyhar). Cabang Lomba Adam Hawa; Juara 1 M. Abdurrafi’ Hanif AlFawwaz (IBA B-5) dan Afiyatul Maulidiyah (IBA B-1), Juara 2 Ismail Yahya Nashirulloh (IBA B-8) dan Syahlaa Resnafella (IBA B-7), Juara 3 M. Rafi Dzikriyansyah (IBA A-1) dan Apriyanti Faidatul Firdaus (IBA A-3). Cabang Lomba Bazar dimenangkan oleh Stand 6 dengan PJ Misbaqul Afridiyanto (IBA B E1. 105), Izzah Nailati (IBA A E1. 106), Indy Khaafizotul Ilmi (IBA A E1. 201), dan M. Saiful Rijal (IBA A E1. 202).