Berita
Seri ke-9 Bertopik The Culture Awareness for Teaching English Tutup PkM Series Kolaboratif Online Workshop Guru: The Media Creator Prodi PBI

Menutup kedelapan seri sebelumnya, pada Kamis (28/9), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar workshop PkM Guru: The Media Creator seri ke-9 dengan topik The Culture Awareness for Teaching English. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Hj. Moh. Faizin, M.Pd.I. ini merupakan kegiatan yang berbasis PkM kerjasama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi, Pusat Studi Literasi, Perpustakaan, dan Community English Department Alumni (CEDA) dengan kali ini melibatkan dua orang narasumber, yaitu Dr. Hj. Irma Soraya, M.Pd dan Bayu Adi Nugroho, Ph.D.

Dipandu oleh moderator Fitriah, Ph.D, pada sesi pertama Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd menyampaikan tentang pentingnya Incorporating Culture in Designing Media for Teaching English dan bagaimana melakukannya. Terdapat 6 langkah dalam mendesain media pembelajaran yang berkenaan dengan mengintegrasikan budaya yaitu 1) Rendering meaningful input texts or audios related to cultures, 2) Designing contents which can enhance students’ discussion skill, 3) Exploring and elaborating cultures especially for productive skills, 4) Using appropriate English expressions such as politeness, empathy, respect, care, etc., 5) Presenting and discussing contents related to cultures consisting of moral values and wisdoms., 6) Emphasizing moral values and wisdoms to enhance character building and ICC.

Setelah penjelasan dari Dr. Irma Soraya, M.Pd, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Bapak Bayu Adi Nugroho, Ph.D yang membahas tentang The Cultural Awareness of Using English in The International Community. Berbagai aksen Bahasa Inggris dari berbagai negara beliau tunjukkan dimana latar belakang budaya sangat mempegaruhi Bahasa Inggris yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran budaya atas penggunaan Bahasa Inggris dengan aksen yang berbeda di komunitas-komunitas internasional yang ada di dunia.

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, terdapat beberapa pertanyaan peserta diskusi terkait integrasi budaya pada media pembelajaran. Budaya adalah elemen sosial dan dinamis sehingga ilmu yang didapat pada online workshop kali ini menjadi poin penting bagi peserta sebelum kemudian sesi intensif pendampingan mereka ikuti.