Berita
Ma’had Adakan Review Kurikulum

Review kurikulum adalah keniscayaan dalam dunia pendidikan sebab zaman terus berubah, tidak terkecuali belajar-mengajar yang diadakan oleh Pusat Ma’had al-Jami’ah. Kali ini pokok review difokuskan pada buku bahan ajar yang selama ini dipakai untuk proses belajar-mengajar kegiatan Ma’had al-Jami’ah, yakni program pengembangan kompetensi Keagamaan untuk Mahasiswa (P2KKM) atau Ta’lim Ma’hadi.

Itulah salah satu materi yang disampaikan oleh Prof. Dr.KH. Saiful Jazil, M.Ag, selaku Kepala Pusat Ma’had al-Jami’ah, bertempat di Greensa Inn pada Rabu 28 September 2022.. Atas nama panitia, Saiful Jazil mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya, terlebih pada koordinator Fakultas yang dapat hadir dan mengirimkan delegasinya untuk mengikuti dan mensukseskan acara ini.

Pada kesempatan yang berbeda Dr. Bakhrul Huda, Lc.,M.EI, selaku Koordinator Akademik juga memberikan sambutan. Di antara sambutannya adalah; bahwa kegiatan review diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan para fakultas, mulai koordinator, tim faklutas dan tutor Ta’lim Ma’hadi.

Di samping itu, ia menambahkan bahwa review kali ini bertujuan untuk memetakan kembali kaitan dengan kelayakan beberapa materi bahan ajar dalam kitab Adab al-Thalibin (tatakrama para mahasiswa), termasuk kemungkinan ada salah ketik. Dan sekaligus menambahkan materi yang berkaitan dengan urgensi nilai-nilai moderasi bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Review kurikulum Ma’had ditutup dengan beberapa hasil. Pertama, soal perubahan nama kegiatan menjadi Ta’lim Ma’hadi bukan P2KKM, mengingat dalam rangka mudah dikenal bagi mahasiswa. Kedua, ada beberapa masukan dari peserta kaitan dengan tema dalam kitab, sekaligus pembenaan akibat salah ketik dan lain sebagainya. Dan forum ditutup pada jam 16.00 dengan doa.(shof)