Berita

Seminar KSL “Climate Change Mitigation & Collaboration” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Pada hari Minggu tanggal 17 September 2023, telah berhasil dilaksanakan kegiatan seminar kelompok studi lingkungan dengan tema “Climate Change Mitigation & Collaboration”, di Gedung FST UTNSA lantai 8, ruang 8.5 dan 8.8, mulai pukul 09.00 hingga 13.00. Kegiatan ini diikuti 51 peserta yang antusias menghadiri acara ini.

Tujuan diadakannya acara seminar ini adalah untuk mewadahi atau memfasilitasi aspirasi dan minat mahasiswa teknik lingkungan UINSA terhadap isu atau permasalahan lingkungan, menjalin relasi dengan komunitas/organisasi atau aktivis yang bergerak dibidang konservasi lingkungan, menyediakan informasi dalam bentuk publikasi dan campaign terkait perkembangan isu atau permasalahan lingkungan yang telah dikaji, dan memberikan kontribusi terhadap upaya penyelesaian permasalahan lingkungan yang telah dikaji bersama.

Pemaparan materi pertama akan disampaikan oleh Bapak Dr. Moch lrfan Hadi, M.KL., selaku Dosen UINSA, sebagai ahli di bidang lingkungan. Materi yang disampaikan yaitu, definisi perubahan iklim, penyebab dan dampak perubahan iklim, adaptasi terhadap perubahan iklim (mendiskusikan strategi dan tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi dampak perubahan iklim, seperti pengembangan energi terbarukan), mitigasi perubahan iklim (menggambarkan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperlambat perubahan iklim, seperti penggunaan energi terbarukan seperti panel surya, dan kebijakan perlindungan lingkungan), dan pendidikan dan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim (memperkenalkan upaya pendidikan dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan merangsang tindakan individu untuk mengurangi emisi dan melindungi lingkungan).

Pemaparan materi kedua akan disampaikan oleh Ibu Dr.  Erry Ika Rhofita,  S.TP,  M.P., selaku Dosen UINSA, sebagai ahli di bidang ekonomi. Materi yang disampaikan yaitu, bagaimana pengaruh iklim terhadap perekonomian, dampak perekonomian terhadap perubahan iklim, dan tantangan dalam upaya mengatasi perekonomian terhadap perubahan iklim.

Pemaparan materi ketiga akan disampaikan oleh Bapak Abu Bakar Abdul Karim Al Mukmin, S.T., selaku Direktur Utama Warung Energi PT. Bina Lintas Usaha Ekonomi), sebagai ahli di bidang start up. Materi yang disampaikan yaitu, pengertian startup di bidang lingkungan (panel surya), dampak perubahan iklim terhadap startup di bidang panel surya, inovasi dan teknologi panel surya untuk mengatasi perubahan iklim, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan panel surya, dan kolaborasi antara startup panel surya dengan sektor lain untuk menghadapi perubahan iklim.

Setelah pemaparan materi berakhir, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pemateri.

Kegiatan mencapai puncaknya dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada ketiga pemateri yang bersedia untuk hadir dan berbagi ilmu kepada kami semua. Penyerah sertifikat dilakukan oleh Ketua HMTL UINSA, Ketua Departemen ILPRO, dan Ketua Pelaksana Kelompok Studi Lingkungan, sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi pemateri dalam kegiatan ini.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan harapan dengan adanya seminar ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan, memotivasi peserta untuk mengambil tindakan positif dalam melestarikan alam, dan menjadi solusi inovatif terhadap tantangan lingkungan saat ini.