Berita

Surabaya, 16 April 2024 – Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan seleksi wawancara program Student Mobility ke Mesir hari ini. Acara ini dihadiri oleh 32 peserta yang antusias.

Proses seleksi yang berlangsung di kampus Fakultas Adab dan Humaniora ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga siang hari. Seleksi wawancara dipimpin oleh Dr. Mirwan Akhmad Taufiq, M.A. dan beranggotakan Dr. Abdulloh Ubet, M.Ag. dan Prof. Dr. Husein Aziz, M.Ag. Mereka memiliki pengalaman luas tidak hanya dalam bidang studi keislaman, bahasa, dan sastra Arab, tetapi juga pengalaman akademik di negara di Timur Tengah, yang membuat mereka sangat kompeten dalam menilai kelayakan para kandidat.

Penguji (dari kiri ke kanan) Prof. Dr. Husein Aziz, M.Ag., Dr. Abdulloh Ubet, M.Ag., dan Dr. Mirwan Akhmad Taufiq, M.A.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pertukaran mahasiswa di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora yang bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengalaman internasional mahasiswa. Melalui program ini, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk belajar di universitas mitra di Mesir dan mengikuti berbagai kegiatan akademis dan budaya.

“Kami sangat senang dengan tingkat partisipasi dan semangat dari semua peserta tahun ini. Sejak awal rekruitmen banyak sekali mahasiswa yang ingin mengikuti, namun dari hasil seleksi berkas, hanya 32 kandidat yang memenuhi syarat untuk lanjut ke seleksi wawancara” ungkap Dr. Mirwan. “Ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa untuk belajar di luar negeri sangat tinggi dan mereka serius dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi global.”

Peserta seleksi hadir dengan persiapan yang matang. Mereka tidak hanya menjawab pertanyaan dari penguji terkait kesiapan mereka untuk tinggal dan menimba ilmu di Timur Tengah namun juga menunjukkan kesiapan mereka sebagai pembelajar yang aktif dengan terlibat aktif dalam diskusi selama seleksi berlangsung. Hal ini menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka terhadap pendidikan dan pengembangan diri sebagai insan akademik dan intelektual.

Peserta seleksi wawancara

Mahasiswa yang terpilih nantinya akan berangkat ke Mesir dan mereka diharapkan dapat membawa pulang ilmu dan pengalaman yang berharga. Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan internasional mahasiswa melalui program-program seperti Student Mobility ini. Program ini tidak hanya memberikan kesempatan belajar yang unik, tetapi juga memperkuat jaringan dan kerjasama internasional.