Berita

Selain Expose Hasil Psikotest, PLP UINSA Paparkan Peran Penting Orang Tua dalam Optimalisasi Potensi Anak

Lamongan — (04/02/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA telah menyelenggarakan kajian parenting dengan tema peran orang tua dalam mendukung optimalisasi hafalan anak. Bertempat di Masjid An-Nur Lamongan. Acara ini dihadiri oleh wali santri kelas 7 MTSN An-Nur Lamongan.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pemateri yaitu Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Beliau menekankan bahwasanya anak berkembang sejalan dengan apa yang dia jadikan teladan. “Jika anak dibesarkan dengan celaan maka dia belajar memaki, sebaliknya jika anak dibesarkan dengan dukungan maka dia belajar menghargai.” Tutur beliau.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selain melaporkan hasil psikotest, beliau juga menekankan bahwa dukungan keluarga dan para pengajar berperan penting dalam optimalisasi hafalan anak. Pula beliau berpesan bahwa kegiatan pondok tidak hanya sekedar materi, tapi ada aspek kepribadian untuk mengenali potensi santri.

Dipaparkan oleh beliau bahwa refleksi perilaku orang tua dapat membentuk kepribadian anak, misalnya ketika orang tua sering membandingkan anaknya dengan orang lain, kecenderungan anak akan tumbuh dengan rasa tidak percaya diri. Hal ini nantinya akan mengganggu optimalisasi hafalan pada anak.

Peran serta lingkungan, dukungan, serta reward yang diberikan akan berpengaruh pada proses optimalisasi anak, karena anak menganggap bahwa dia berharga dan diperhatikan ketika mendapatkan perlakuan kasih sayang.

Semoga dengan adanya hasil psikotest yang dipaparkan dan workshop parenting yang dilakukan dapat menjadi acuan bagi orang tua dalam mendidik anak, guna mencapai optimalisasi potensi yang maksimal. (MSH)