Berita
SEKOLAH TATA KELOLA FAKULTAS TEKNIK MELALUI  DEAN’S COURSE 2022 Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI)

Samarinda, Universitas Mulawarman, tanggal  04-05 November 2022

Salah satu hasil kesepakatan dari  Forum Dekan Teknik Indonesia di Kampus UGM Yogyakarta  dan Universitas Udayana Bali pada bulan Pebruari tahun 2022 yang lalu adalah terselenggaranya Forum untuk penguatan Kapasitas Managerial bagi para Pimpinan Fakultas Teknik Se-Indonesia.  Pada hari ini (Jum’at) Pukul 08.00 dilangsungkan pembukaan Forum Dekan Teknik Indonesia yang sedianya digelar pada tanggal 04-05 November 2022 di Kampus Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur.

Hadir dalam Forum ini antara lain Rektor Universitas Mulawarman Dr. H, Abdun Nur, M.Si., Sekjen FDTI Ir. Muhammad Ballfas, M. Sc Selaku Dekan Fakultas Teknik Mulawarman, Para Dekan dan Wakil Dekan Teknik dan/Saintek dan beberpa perwakilan dari sekitar 40 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pada sesi pembukaan forum ini, Rektor Universitas  Mulawaraman Dr. H. Abdunnur, M.Si, menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini yang telah dapat diselengarakan di kampusUniversitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur. Hal ini menjadai kekuatan bersama untuk dapat berkiprah lebih banyak untuk kepentingan bangsa dan Negara Indonesia. Dalam sesi sambutan kali ini Rektor UNMUL juga menjelaskan akan pentingnya kolaborasi dan kemitraan bersama antara perguruan tinggi di indonsia terlebih lagi dalam bidang teknik yang menjadi kebutuhan bagi pembangunan bangsa Indonesia, terlebih lagi dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

Dalam sesi selanjutnya penyampaian sesi materi key not speaker yang disampaikan oleh Plt. Sekjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknoligi  Republik Indonesia Prof. Ir.Nizham, M.Sc., DIC., Ph.D. IPU Asean Eng. Secara daring via Zoom Maeting.

Sesi ini dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Managemen Konflik  dalam Organisasi yang disampaikan oleh nara sumber yakni  Dr. G. Simon Devung, M. Pd., M. Si, Tema ini memberikan gamparan terkait dengan potensi konflik yang muncul di dalam Organisasi Fakultas dan bagaimana melakukan menagerial konflik, transformasi konflik ke dalam sesuatu hal yang lebih positif pada sebuah lembaga.  Konflik dalam sebuah organisasi  biasanya bersifat vertikal dan horizontal. Vertikal konflik adalah konflik antara atasan dan bawahan, sementara horizontal konflik adalah konflik yang terjadi pada level bawahan yakni antara para pegawai atau staff dalam sebuah organisasi.

Pada sesi ketiga adalah pemaparan materi tentang wawasan kebangsaan  yang disampaikan oleh Mayjen. TNI. E. Imam Maksudi dari Lemhanas. Pada sesi iini dipaparkan bagaimana para pimpinan fakultas dapat memberikan dorongan yang kuat untuk melakukan edukasi pada mahasiswa dan seluruh civitas akademika di tingkat fakultas. Sesi ini dilanjutkan dengan presentasi Project Action Plan yang telah dilakukan oleh masing-masing Fakultas Teknik dalam Forum FDTI dengan dipandu oleh dua orang panelis yakni Prof. Ir. Selo, ST., MT., M.Sc, Ph.D, Ketua FDTI dan Prof. Dr.-Ing.Ir. AsepRidwan, ST., MT., IPM.

Pada hari kedua yakni Sabtu tanggal 5 November tahun 2022, kegiatan FDTI ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang strategi penyusunan dokumen Borang Akreditasi Program Studi Bidang Keteknikan yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo , MT dari UII dan LAM -Teknik serta dilanjutkan pada pemaparan Materi tentang Pembangunan ZI WBK/WBBM yang dipaparkan oleh Prof. Ir. Selo, ST., MT., M.Sc, Ph.D,. Hari kedua ini ditutup dengan penandatangana PKS  FT UNMUL dengan FT .UNTIRTA dan penyerahan sertifikat keikut sertaan Forum Dean,s Course kepada masing masing peserta.  Sebagai perwakilan  dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya  diterima langsug oleh Dekan yakni Dr. A. Sepul Hamdani, M.Pd,  Dr. Abid Rohman, S. Ag., M.Pd.i selaku Wakil Dekan Bidang AUPK dan Dr. Khoirul Yahya, M. Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Reporter. Abid R