Berita
Ratusan Mahasiswa PPG Batch 3 Ikuti Briefing Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Minggu, 6 November 2022. Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya gelar kegiatan briefing Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP) secara virtual yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Batch 3.

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait tugas yang harus dituntaskan oleh mahasiswa selama mengikuti tahapan PPP selama 10 hari

Penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi yakni sesi I terkait mekanisme PPP yang disampaikan oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I (Kaprodi PPG) yang memaparkan secara detail tentang waktu pelaksanaan PPP serta ragam tugas yang harus dituntaskan yakni analisis SKL/KI/KD, pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Instrumen evaluasi, Asesmen Kompetensi Minimum & survey karakter, RPP/RPPH, Video Sumber belajar dan video praktik pembelajaran. sementara, materi tekait teknis upload tugas dan pengoperasilan LEarning Management system (LMS) disampikan oleh Muhammad Sayhru Ahmad, S.Pd (Tim IT LPTK UINSA)

Untuk materi pendukung dalam menjalani kegiatan lokakarya mahasiswa diberikan bekal berupa kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yang disampaikan pada sesi II yakni Pembuatan video pembelajaran yang disampaikan oleh Nailil Inayah, M.Pd.I (Sekprodi PIPA) beliau memulai materi dengan survey untuk mengetahui kompetensi mahasiswa terkait video pembelajaran lalu dilanjutkan dengan materi ragam persiapan pembuatan video dan simulasi editing video. 

Materi terakhir yakni youtube dan google drive yang disampaikan oleh Nina Indriani, M.Pd. (Sekprodi PGMI). Bagi mahasiswa yang belum memiliki akun youtube dipandu untuk membuat akun kemudian simulasi upload video oleh seluruh peserta. selanjutnya, materi terkait google drive khususnya teknik dalam membagikan link google drive agar link bisa diakses sesuai dengan peruntukannya.