Berita

Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) mengadakan kegiatan Sekolah Sosiologi Jilid VII 2022 (SSJVII2022) sebagai upaya untuk mengasah nalar kritis serta meningkatkan dan menghidupkan solidaritas pada mahasiswa baru prodi sosiologi 2022. Kegiatan ini dijalankan pada tanggal 16-18 Desember 2022 di Villa Jowo Kondang, Pacet. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan HIMASOS yang di jalankan dengan tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Pada tahun ini, tema yang diangkat ialah “GATE OF SOCIOLOGY : Menanamkan Nilai Kritis Guna Terciptanya Profesionalitas Serta Revitalisasi Semangat Solidaritas”.

Penyusunan tema diatas dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang matang. Dimas Kusuma selaku Ketua Umum HIMASOS mengatakan “Melihat keadaan di era digital ini termasuk angkatan 2022 yang merupakan generasi Z sangat membutuhkan yang namanya nalar kritis dan rasa solidaritas”. Pemilihan tema tersebut diharapkan bisa terimplementasi pada mahasiswa baru sosiologi angkatan 2022

Sekolah sosiologi yang berlangsung selama tiga hari ini memiliki berbagai macam agenda kegiatan yang dapat memancing nalar kritis serta menumbuhkan rasa solidaritas. Beberapa agenda kegiatan juga mampu menarik antusiasme para peserta sehingga lebih nyaman dan bersemangat mengikuti kegiatan sekolah sosiologi. Pada hari pertama, kegiatan sekolah sosiologi diawali dengan opening ceremony, kontrak forum, bedah tema dan beberapa materi seperti leadership dan public speaking serta HIMASOS dan manajemen organisasi. Pada hari kedua dan ketiga ada berbagai kegiatan yang seru dan materi yang menarik seperti senam pagi, ice breaking games, materi sosiologi paradigma ganda, analisis sosial, solidaritas, FGD (Focus Group Discussion), malam inagurasi, sarasehan (Sharing Alumni) dan diakhiri dengan closing ceremony. Berbagai kegiatan tersebut dibuat sesuai dengan tema yang diangkat pada sekolah sosiologi dan diharapkan mampu memberikan dampak yang positif terhadap nalar kritis serta kesolidan mahasiswa baru prodi sosiologi.

Dengan diadakannya acara sekolah sosiologi ini, diharapkan tidak ada polarisasi antar angkatan sehingga mampu menciptakan kesolidan antar angkatan maupun satu angkatan yang sama.