Berita

Kamis, 22 Desember 2022. Pameran Naskah Kuno atau Manuskrip “Warisan Intelektual serta Kontribusinya terhadap Peradaban Islam dan Perdamaian Dunia” secara resmi diselenggarakan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya selama 3 hari (22/12 sd 24/12). Pameran ini diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur) dan dibuka secara resmi oleh Dr. Akhmad Jazuli, SH. (staf ahli gubernur Jawa Timur bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia).

Dalam sambutannya, Akhmad Jazuli mengatakan bahwa apa yang telah ditinggalkan oleh pendahulu kepada kita merupakan warisan luar biasa yang harus dilestarikan.

“Selain ‘alim ‘allamah, Ulama’ kita juga intelektual luar biasa karena dengan keterbatasan media bisa menuangkan pemikiran dan inovasi untuk warisan masa selanjutnya.” ujar Akhmad Jazuli

Pameran ini terselenggara atas kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Partisipasi Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya diwujudkan dalam bentuk display mushaf yang ditulis pada abad 12 dan juga naskah kuno yang ditulis pada kertas Daluang dan Eropa.

Menyemarakkan pameran, kegiatan ini juga menampilkan beberapa kajian materi tentang Jaringan Keilmuan Ulama Indonesia dan Strategi Moderasi Keberagaman Ulama dan Tantangan Peradaban Modern.

Adapun Narasumber yang hadir diantaranya yakni, Lora A. Kholily Kholil (Nahdlatul Turots), Prof. Dr. H. Abdul Halim Soebahar (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember), dan Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I. (UIN Sunan Ampel Surabaya). (HS-Dep)