Indonesia
English
عربي
简体中文
Français
हिन्दी
Español
Italiano
Português
Русский
Berita
Column UINSA
Pengumuman
Agenda
Menu
Berita
Column UINSA
Pengumuman
Agenda
Podcast
UINSA2023
RectorInsights
Menu
Podcast
UINSA2023
RectorInsights
Akademik
Akreditasi
Fakultas dan Pascasarjana
Fakultas Kedokteran
Fakultas Adab dan Humaniora
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fakultas Psikologi & Kesehatan
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Tarbiyah dan keguruan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Pascasarjana
Kegiatan Kemahasiswaan
Penunjang Perkuliahan
Biaya Hidup
Fasilitas Kampus
Kuliner
Budaya Kampus
Transportasi
Layanan Publik
Tentang UINSA
Visi, Misi, & Tagline
Sejarah UINSA
Filosofi Lambang
Profil Pimpinan
Struktur Organisasi
Biro
Lembaga
UPT
Dosen
Tenaga Kependidikan
Informasi
Berita
Pengumuman
Agenda
Column UINSA
Tugas Kuliah
Publik
Penelitian dan Publikasi
Jurnal
Digital Library
Proceedings
International Students
Accomodation
Menu
Akademik
Akreditasi
Fakultas dan Pascasarjana
Fakultas Kedokteran
Fakultas Adab dan Humaniora
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fakultas Psikologi & Kesehatan
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Tarbiyah dan keguruan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Pascasarjana
Kegiatan Kemahasiswaan
Penunjang Perkuliahan
Biaya Hidup
Fasilitas Kampus
Kuliner
Budaya Kampus
Transportasi
Layanan Publik
Tentang UINSA
Visi, Misi, & Tagline
Sejarah UINSA
Filosofi Lambang
Profil Pimpinan
Struktur Organisasi
Biro
Lembaga
UPT
Dosen
Tenaga Kependidikan
Informasi
Berita
Pengumuman
Agenda
Column UINSA
Tugas Kuliah
Publik
Penelitian dan Publikasi
Jurnal
Digital Library
Proceedings
International Students
Accomodation
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
October 20, 2022
SEKOLAH PENDAMPING DESA DAN SEKOLAH SOCIOPRENEURSHIP BERSAMA KOMUNITAS TANOKER LEDOKOMBO JEMBER (Terakhir)
Berita
Salah satu wisata Tanoker yakni Sekolah
Pak Bapak
dan
Bok Ebok
yang berlokasi di Dusun, Paluombo, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Komunitas
Pak Bapak
dan
Bok Ebok
yang dirintis perkumpulan tanoker mengubah wajah perempuan pedesaan yang terkungkung dalam tradisi dominasi laki laki menjadi perempuan tangguh namun tetap menjadi tempat berteduh bagi keluarganya. Menekuk kekakuan laki-laki desa menjadi sosok lembut dan pengasuh. Dimulai dari lokal leader yang dipilih oleh Tanoker, Bu Latifah istri dan pak Ali sebagai kepala sekolah sekaligus ketua yayasan Nurul zaman.
Visi dan Misi dari sekolah ini ialah “anakku, anakmu, anak kita”. Bok Ebok mempunyai jargon “bangun pagi, seduh-seduh, Ibu tangguh”. Sedangkan Pak – Bapak juga mempunyai jargon “penyayang anak istri, anak kita, cinta anak dan istri sampai mati”. Adapun hal yang menjadi
emphasis
dalam kelompok ini bahwa majlis taqlim yang pada umumnya hanya dalam bentuk do’a-do’a dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, namun dengan adanya sekolah ini menjadi ruang parenting dan lifeskill. Ruang ini mengajarkan kerjasama dan integritas sepasang suami istri, sehingga anak tidak hanya dirawat oleh seorang istri, namun bagian dari tanggung jawab suami. Selain itu, meningkatkan pola interaksi secara
in-to in
, sehingga permasalahan rumah tangga hanya dalam lingkup keluarga bukan lingkup masyarakat setempat. Lifeskill juga meningkat karena ada dalam suatu kesempatan pertemuan menghadirkan narasumber baik dari perguruan tinggi, dinas maupun NGO yang menjadi mitra Tanoker.
Perjalanan panjang komunitas ini tak selamanya mulus, namun terjal dan berliku. Dituturkan Bu Latifah, kepala sekolah Bok Ebok bahwa “Sampai saat ini masih pro-kontra. Pada awalnya ada yang hanya mengikuti pengajian tetapi tidak mau mengikuti acara curhat curhatan, seakan akan ngerumpi tidak penting. Solusinya kami pancing dengan pertanyaan pertanyaan sederhana seperti “tadi masak apa?” “dibantu sama bapak nggak?” dari situ biasanya ibu-ibu bercerita sendiri dengan panjang dan kami dengan senang memberi pengetahuan dan solusi untuk membagi tugas berdua bersama bapak bapak melalui berkomunikasi sebelum tidur”. Demikian pula dengan Pak Bapak, kepenatan sehabis bekerja di ladang menjadi kendala untuk mempersingkat pertemuan-pertemuan. Namun, ada satu kiat yang mereka lancarkan yakni memutar film berisikan perjuangan keluarga yang menjadi alat utama memahamkan pengetahuan pada komunitas ini.
Lesson Learned dari Sekoleh Yang Eyang
Salah satu sudut kegiatan pembelajaran yang menjadi dampingan Tanoker adalah sekolah yang eyang yang merupakan bagian dari upaya pendampingan bagi orang tua. Tanoker Group terinspirasi untuk membangun Sekolah Nenek atau Sekolah Yang Eyang oleh banyaknya anak-anak di desa Ledokombo yang tinggal bersama dan diasuh oleh nenek atau kakek (nenek) karena orang tuanya bekerja sebagai TKI atau TKW. Komunitas Tanoker dan Karang Werda Bungur, Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, berkolaborasi untuk membuat sekolah tersebut. Selain mendidik orang tua, sekolah ini mendorong kakek-nenek untuk memiliki pola hidup sehat agar menghasilkan lansia yang berkualitas, bugar, dan sehat.
Sekolah yang-eyang ini didirikan karena ambisi bersama untuk menghasilkan senior yang luar biasa dan generasi emas di tempat lain ada sekolah pak bapak dan bu ibu sekolah untuk ayah dan sekolah ibu di Ledokombo sehingga dikenal sebagai sekolah “segar” (singkatan dari sehat dan bugar). Karang Werda Bungur, Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, dan Komunitas Tanoker berkolaborasi untuk membuat sekolah ini. Bersama-sama, mereka menciptakan landasan yang kokoh bagi pengasuhan anak yang menjunjung tinggi hak-hak anak.
Sekolah yang eyang telah banyak tercatat sebagai jura dalam kompetisi baik di tingkat lokal sampai nasional diantaranya juara 1 lomba berkebun bahagia, lomba tumpeng memuliakan daun, lomba kuliner bahan lokal cita rasa global dan masih banyak yang lain. Sekolah yang yang mengadakan acara pendidikan dua kali sebulan, pada minggu pertama dan keempat. Di dalam kelas mereka saling berbagi pengalaman ketika mereka mendapingi cucu mereka, anak, menantu, bahkan ketika ada sesuatu yang menjengkelkan mereka bisanya hal itu menjadi topik pembicaraan, berdiskusi, curhat sekaligus cara untuk memperbaikinya.
Ada yang menarik dari cerita Bu Juhariyah sebagai (kepala sekolah versi sekolah yang eyang) beliau menagatakan bahwa para eyang disini juga diajari bagaimana menggunakan smartphone untuk whatsApp, zoom meeting, bahkan mereka pernah malkaukan zoom meeting dengan komunitas di berbagai negara dengan bantuan goup Tanoker. Mereka menganggap hal itu penting karena dengan bisa menggunakan media maka akan bisa mengawasi cucu-cucu mereka yang merupakan generasi digital.
Hal yang unik lagi adalah mereka telah membuat kurikulum sendiri secara partisipatif, seperti tentang dampak negatif teknologi pada anak-anak dan cara menggunakannya, pelajaran tentang pengetahuan obat-obatan terlarang jenis minuman yang memabukkan yang ada dan bagaimana mengidentifikasi anak-anak yang terpengaruh oleh hal itu, pelajaran tentang informasi seks menyimpang dan cara mencegah anak menjadi korban. Selain itu, informasi tentang pola hidup sehat, ada juga pelajaran tentang cara memproduksi jamu yang sehat, mengidentifikasi masalah kesehatan anak, dan memahami dampak makan yang tidak sehat.
Semua itu diajarkan untuk diterapkan di sekolah yang eyang. Kakek-nenek diajari pemahaman yang lebih baik tentang pendidikan keluarga, gaya pengasuhan yang sehat, dan membesarkan anak-anak di era digital. Mereka telah menerima pelatihan untuk menghasilkan generasi emas yang unggul. Memberikan hak kepada cucu-cucunya dan membentengi mereka dari hal-hal negatif.
Refleksi Kegiatan
Setelah usai melakukan kunjungan ke 4 destinasi komunitas mitra Komunitas Tanoker yaitu, Elisa Rainbow, Pesantren Kopi, Sekolah Yang Eyang, Sekolah pak Bapak dan Book Ibook, semua kembali ke lokasi Komunitas Tanoker Ledokombo. Berkumpul bersama untuk melakukan refleksi akhir setelah kunjungan di komunitas masing-masing. Satu persatu perwakilan dari mahasiswa dan DPL memberikan hasil refleksi dan
lesson learned
yang didapatkan dari kunjungan tersebut. Sekolah Pedamping Desa dan Sociopreneurship di Komunitas Tanoker Ledokombo Jember ditutup dengan penyerahan cindera mata dari Tanoker ke Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya, yang diberikan oleh Farha Ciciek selaku Direktur Komunitas Tanoker kepada Dr. Dwi Setianingsih, selaku Kaprodi Sosiologi. Harapan dari kedua lembaga tersebut ada tindaklanjut yang lebih konkrit dalam kerjasama ke depan. (red)
Post navigation
HADIRI THE 21th AICIS 2022, INI TIGA MISI PENTING YANG DIUSUNG UINSA SURABAYA
Prodi Sistem Informasi UINSA menggelar kuliah tamu Supply Chain Management
Search
Search
Teliti Hubungan Antara Keyakinan Epistemologi dan Prestasi Akademik Siswa Madrasah, Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Raih Gelar Doktor
by Doktor Pendidikan Agama Islam
December 26, 2024
Mahasiswi 27 Tahun Sukses Raih Gelar Doktor di UINSA
by Doktor Pendidikan Agama Islam
December 25, 2024
Sidang Disertasi Doktor, Sugito Muzaqi ungkap model KOIN dalam Pendidikan Toleransi
by Doktor Pendidikan Agama Islam
December 24, 2024
Hirarki
by Magister Pendidikan Agama Islam
December 24, 2024
Studi Banding HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya X HIMALISKAL Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
by Prodi Teknik Lingkungan
December 24, 2024
Studi Banding HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya X HIMATEKK UPN “VETERAN” Jawa Timur
by Prodi Teknik Lingkungan
December 24, 2024
Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya Raih Juara 1 Duta Baca Jawa Timur 2024
by Fakultas Syariah & Hukum
December 23, 2024
FUF Raih Prestasi di HUT Dharma Wanita Persatuan ke-25 UINSA
by Fakultas Ushuludin & Filsafat
December 23, 2024
PDLT, KUNCI SUKSES PEGAWAI*
by UIN Sunan Ampel Surabaya
December 23, 2024
Hadirkan Kurikulum Toleransi Berbasis Ramah Difabel, Prodi PGMI Bekerjasama dengan BAZNAS RI Adakan Pengembangan Kompetensi Pengajar Mushaf Al-Qur’an Isyarat Bagi Lembaga/Mitra dan Mahasiswa
by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
December 23, 2024