Berita

Rabu, 19 Oktober 2022 melalui Zoom dilaksanakan Kuliah Tamu dengan menghadirkan praktisi di bidang industri perikanan Bpk Yanto Kusmanto, A.Md.Pi, S.E. Kuliah tamu ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada peserta matakuliah Supply Chain Management/SCM (manajemen rantai pasok) pada Prodi Sistem Informasi Fak. Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya. Sedikitnya 40an peserta kuliah tamu menyimak pemaparan pemateri.

Yanto yang lahir di Tasikmalaya pada tahun 1966 ini selepas mengenyam pendidikan di Akademi Perikanan Jakarta melanglang buana bekerja di sektor industri perikanan, misalnya pada tahun 1990- 1991 bekerja di PT, Almina Utama (Frozen Seafood) , Cilacap, Jawa Tengah. Tahun 1991 – 1992, di PT Intimina Setiatama (Frozen Seafood), Cirebon, Jawa Barat. Selanjutnya tahun 1992 – 2010, berpindah ke PT Central Windu Sejati (Frozen Seafood) (CP Group)  di Sidoarjo, Jawa Timur. Selanjutnya tahun 2011 – sekarang memiliki badan usaha sendiri yaitu CV Mitra Sukses Abadi yang juga bergerak pada industri bandeng olahan dan sejenisnya untuk dipasarkan dalam dan luar negeri. “Pernah menekuni bisnis air minum kemasan, tetapi nampaknya bukan passionnya”, papar sarjana ekonomi manajemen Untag Surabaya ini.

Dalam paparannya, Yanto menjelaskan bahwa tantangan pengelolaan SCM terletak bagaimana berkolaborasi baik pada sisi hulu (mitra pemasok) maupun pada sisi hilir (mitra distribusi dan pemasarannya). Kata kuncinya terletak pada komitmen kepada mitra. Disamping itu dalam konteks SCM ini, tidak melulu kita harus memiliki fasilitas produksi, tetapi sangat dimungkinkan secara outsourcing, artinya ada mitra yang dapat mensupply produk jadi sehingga kita tinggal memenuhi mitra pasar yang membutuhkan.

Peserta kuliah tamu memberikan banyak tanggapan dan pertanyaan, misalnya pemanfaatan teknologi informasi pada bisnis dewasa ini, dan sejumlah pertanyaan yang lain. Menurut pengurus ISNU Surabaya ini, dengan adanya IT sangat dengan mudah dan murah dijangkau dan dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Misalnya dengan video call, dapat mengecek dari jauh kualitas produk yang akan dipesan, dan seterusnya. Diakhir kuliah tamu, Yanto berpesan kepada mahasiswa bahwa berbisnis itu tidak harus menunggu selesai masa studi. Terlebih lagi di era teknologi informasi yang mobile seperti saat ini. yang penting serius dan komitmen kepada pelanngan. Acara kuliah tamu ini dipandu oleh dosen pengampu matakuliah SCM Bpk Yusuf Amrozi, M.MT.