Berita

SEA: Bakti Sosial oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2024

“SEA: Bakti Sosial” adalah kegiatan berkunjung ke panti asuhan untuk memberikan sedikit sumbangan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA. Kegiatan ini termasuk dalam satu rangkaian kegiatan dari Program Kerja SEA yang dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam satu periode kepengurusan.

Pelaksanaan SEA Bakti Sosial ini merupakan wadah bagi mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA untuk membagikan sedikit rizkinya dan waktunya kepada anak–anak panti untuk sekedar bermain dan berbagi ilmu. Panitia melakukan open donasi setiap hari jumat secara offline maupun online melalui (KUY INFAQ).

Dalam islam kita diajarkan untuk hidup dengan kepedulian sesama dengan berbagi. Bahkan untuk berbagi pun tidak harus orang kaya. Berbagi itu adalah murni dengan ketulusan hati dan kesadaran diri. Selain itu, berbagi dapat memberikan ketenangan dan keberkahan dalam hidup kita.

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim”(Q.S A -Baqarah [3] : 254 ).

Kegiatan SEA Bakti Sosial ini dilaksanakan pada tanggal 01 September 2024 di Panti Asuhan AL-JABBAR Surabaya. Dana yang digunakan untuk diberikan kepada anak – anak panti berupa peralatan sekolah dan makanan ringan melalui donasi (KUY INFAQ) kurang lebih sebesar Rp 1.600.000. Acara ini berisi kegiatan-kegiatan yang seru seperti games tebak gambar dan lomba mewarnai yang dimana nanti yang menang akan diberi hadiah.

Pada akhir acara, terdapat penyerahan sedikit santunan dan sumbangan kepada ibu panti dengan tujuan agar bisa sedikit membantu kebutuhan yang diperlukan panti tersebut untuk kedepannya. Dalam acara ini dihadari oleh 22 anak dari panti asuhan tersebut dari berbagai macam usia.

Demikian dengan dilaksanakannya kegiatan SEA Bakti Sosial ini, diharapkan semakin memupuk rasa peduli kepada sesama manusia terutama kepada anak – anak panti yang yatim piatu yang masih membutuhkan bimbingan dan kasih sayang dari orang sekitar. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pemberi maupun penerima donasi tersebut.