Berita

UINSA Newsroom, Jumat (23/12/2022); Dalam rangka memperingati Dirgahayu Dharma Wanita (DWP) Persatuan Ke-23 dan Hari Ibu Tahun 2022, DWP UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar ‘Lomba DWP UINSA 2022.’ Kegiatan digelar di Gedung Sport Center and Multipurpose pada Jumat, 23 Desember 2022.

“Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital,” menjadi tema nasional dari peringatan Dirgahayu ke-23 DWP Tahun 2022. Di UINSA, kegiatan lomba dalam rangka Dirgahayu ke-23 DWP Tahun 2022, terselenggara berkat dukungan mitra kerjasama. Diantaranya PT. Indofood Sukses Makmur, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jatim Syariah (BJS), Bank Tabungan Negara (BTN), Instaperfect, serta mitra kerjasama lainnya.

Lomba DWP UINSA 2022 ini terdiri dari Lomba Fashion Show Batik Nusantara dari perwakilan Anggota DWP masing-masing Unit. Selain itu, diselenggarakan pula dalam kesempatan ini, Lomba Masak Kreasi Mie oleh perwakilan bapak-bapak pimpinan pada Unit di Lingkungan UINSA Surabaya.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutan pembukaan kegiatan menegaskan tentang pentingnya pendampingan dari Dekan terhadap DWP pada unit kerja masing-masing. “Dekan tidak boleh membiarkan Dharma Wanita unitnya bekerja sendirian,” ujar Prof. Muzakki menegaskan.

Rektor juga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi DWP UINSA Surabaya, sekalipun tanpa dukungan anggaran dari universitas. Secara tegas, Rektor juga meminta kepada Tim Manajemen UINSA Surabaya agar belajar dari DWP yang tetap mampu berkegiatan tanpa harus meminta anggaran pada universitas.

Hal ini sebagaimana perintah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama yang melarang adanya anggaran negara untuk DWP. Sehingga penting, menurut Rektor, untuk bisa menjaga kemitraan dengan stakeholder. “Ini pelajaran penting dari DWP bagi Tim Manajemen di UIN Sunan Ampel Surabaya,” ujar Prof. Muzakki.

“DWP tidak boleh minta anggaran dari UIN. Harus berdikari!” imbuh Prof. Muzakki.

Rektor kembali mengajak kepada segenap anggota DWP, untuk senantiasa memberikan dukungan kepada para suami agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Karena, bagi Rektor, Posisi DWP sangat penting dalam rangka menjaga kemuliaan UINSA Surabaya.

“Sekali lagi, idenya cerdas, partnership-nya keren. Yang ada di depan itu tidak ada uang UIN, ini semua kemitraan yang dibangun oleh Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Ampel Surabaya,” ungkap Prof. Muzakki.

Menutup sambutannya, Rektor memaknai kata ‘Cerdas’ dalam tema yang diangkat, dengan kaidah tradisi kesantrian ‘al alimu ya’lamul ilma bil isyarah.’ Yang secara bebas diterjemahkan, ‘Orang cerdas mampu memahami sesuatu cukup dengan isyarat.’ “Dharma Wanita, selamat memasuki era baru, bagaimana menjadi perempuan cerdas mendampingi para suami di era yang serba digital,” ujar Rektor sekaligus Pembina DWP UINSA Surabaya tersebut.

Ketua DWP UINSA Surabaya, Ny. Erna Mawati dalam kesempatan ini menyampaikan sambutan dari Ketua Umum DWP Pusat, Ny. Erni Tjahjo Kumolo. DWP sebagai organisasi telah menjadi layaknya rumah bagi para anggotanya. Tempat berbagi serta bertukar gagasan dan semangat dalam menguatkan gerakan pemberdayaan perempuan.

Kongres perempuan pertama yang kemudian menjadi cikal bakal adanya peringatan Hari ibu, menjadi bukti upaya emansipasi perempuan yang telah berlangsung dari dulu. “Salah satu kutipan yang mengangkat bahwa kemajuan ini adalah kemajuan yang mengangkat derajat perempuan, menjadi landasan agar banyak lagi organisasi perempuan yang terus berjuang di masa depan,” ujar Ny. Erna Mawati.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Pemberian bantuan pendidikan bagi putra putri pegawai, pemotongan tumpeng, serta pemberian doorprize dari mitra kerjasama. Di akhir acara, juga diumumkan para pemenang Lomba Masak Kreasi Mie. Juara 1 diraih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI); Juara 2 Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK); Juara 3 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH); Harapan 1 Fakultas Sains dan Teknologi (FST); Harapan 2 Kantor Pusat; dan Harapan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sedangkan untuk lomba Fashion Show Batik Nusantara Juara 1 diraih Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK); Juara 2 Pascasarjana; Juara 3 Fakultas Syariah dan Hukum; Harapan 1 Fakultas Adab dan Humaniora (FAH); Harapan 2 Kantor Pusat; dan Harapan 3 Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK). (Nur/Humas)