Berita

@Ushuluddin & Filsafat

Friday, 18 February 2022

REVIEW DRAFT KURIKULUM DENGAN ACUAN KKNI-MBKM FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT UIN SUNAN AMPEL

Surabaya – Jumat (18/02/2022), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UINSA telah menyelenggarakan kegiatan review draft kurikulum dengan acuan KKNI-MBKM pada hari Rabu-Kamis Tanggal 16-17 Februari di Greensa In Sunan Ampel. Kegiatan ini diikuti oleh tiga puluh enam peseserta yang merupakan reperesentasi dari enam prodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UINSA, ditambah empat orang dari pimpinan fakultas, dan tujuh orang sebagai panitia pelaksana.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan FUF Prof. Dr. Kunawi, M.Ag, didampingi seluruh Wakil Dekan di FUF. Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Dekan FUF antara lain perlu mengoptimalkan kegiatan ini untuk mendapatkan asupan pemikiran dan rekomendasi dari pakar terhadap draft kurikulum yang sudah disusun oleh masing-masing prodi, disamping itu melakukan revisi dalam rangka menyempurnakan draft kurikulum setelah mendapatkan feedback dari pakar. Dekan FUF juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta dari enam prodi yang ada di lingkungan FUF.

Pada sesi materi pertama membahas evaluasi-korektif draft kurikulum dengan acuan KKNI-MBKM yang disusun oleh masing-masing prodi di FUF. Pada materi ini menghadirkan pakar kurikulum yang juga Tim MBKM dari UNESA Bapak Dr. Harmanto, M.Pd. Beliau memberikan pengantar singkat tentang kebijakan MBKM dan Implementasinya di UNESA. Setelah itu menyampaikan pandangan kritis terhadap pedoman penyusunan kurikulum UINSA dan Panduan implementasi MBKM di UINSA. Pertama, perlu didiskusikan tentang matrikulasi ketika mahasiswa melakukan kegiatan di luar kampus seperti magang di industri, dll bagi mahasiswa lama yang tidak ikut dalam  kurikulum MBKM. Kedua, perlu diatur matrikulasi dan pengakuan mata kuliah bagi mahasiswa yang mengikuti program pemerintah, misalnya Pejuang Muda Kemensos, MSIB (Magang dan Studi Independent Bersertifikat), Ketiga bagaimana untuk mahasiswa yang banyak mengikuti  kegiatan di luar kampus yang diselenggarakan LSM, Lembaga Pemerintah sehingga kalau dikonversi sks nya menjadi lebih banyak. 

Pada materi inti beliau menyampaikan review terhadap draft kurikulum beberapa prodi yang dikirimkan oleh panitia pelaksana beberapa hari sebelumnya. Secara umum beliau menyampaikan catatan apresiatif terhadap draft kurikulum prodi antara lain: Sudah sangat bagus dari sisi Prosedur rekonstruksi pengembangan kurikulum yang dimulai dari analisis konteks, evaluasi kurikulum, dan hasil traser study, sudah ada komunikasi akademik dengan asosiasi keilmuan prodi sehingga ada kurikulum inti yang sama antar perguruan tinggi, analisis konteks eksternal bisa menjadi peluang kerja bagi lulusan, catatan evaluasi kurikulum sudah kritis dalam mengevaluasi dirinya dan itu menjadi peluang untuk pengembangan kurikulum yang lebih baik. Selain itu beliau menyampaikan catatan kritis untuk revisi penyempurnaan draft kurikulum, seperti: mendialogkan keilmuan prodi dengan disiplin-disiplin keilmuan modern dan kontemporer. Problem integrasi keilmuan inilah yang belum sepenuhnya tercapai dalam kurikulum KKNI 2016. Ada sebagian profil lulusan yang belum disupport oleh sejumlah matakuliah secara proporsional. Masih ada sebagian kecil prodi yang belum menjabarkan matakuliah untuk MBKM secara detail nomen klatur dan jumlah rincian SKS pada semester 6 dan 7 masih gelondongan seperti praktek kerja lapangan dan KKN.

Satu setengah hari berikutnya digunakan oleh peserta dari masing-masing prodi untuk merevisi dan menyempurnakan draft kurikulum prodi yang sudah disusun sebelumnya.. Pada sesi ini pesarta dikelompokan berdasarkan prodi masing-masing, dan tetap berada di hall lantai lima greensa inn. Hal ini memudahkan masing-masing prodi untuk sharing berbagai hal yang belum jelas dan problematik, termasuk melihat langsung hasil kerja masing-masing. Pada akhir sesi, Prodi Studi Agama-Agama sudah menyelesaikan seluruh revisi draft kurikulumnya, sedangkan prodi-prodi lain hampir mendekati 99 persen.

Pada acara penutupan ketua panitia pelaksana kegiatan Dr. Andi Suwarko, M.Si menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan terima kasih kepada seluruh peserta, pimpinan prodi, jurusan, dan fakultas atas partisipasi konstruktifnya pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat produktif untuk mendorong akselerasi penyelesaian draft kurikulum berkualitas yang sudah mendapatkan review dari pakar. Closing ceremony kegiatan review draft kurikulum ditutup pada Kamis sore oleh Wakil Dekan FUF Bapak Dr. Slamet Mulyono Redjosari, M.Si.(Andy S)