Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar Rapat Peningkatan Dosen, pada Rabu (07/06/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, beliau menyampaikan kegembiraannya karena acara hari ini dapat dimulai sebagai upaya menjaga mutu akademik. Selain itu, Bapak Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I. juga mengumumkan bahwa FEBI telah menyediakan akses QR yang memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi terkait akademik maupun non-akademik.   

Dalam rapat ini, diharapkan partisipasi penuh dari semua peserta untuk terlibat dalam proses peninjauan kembali kurikulum. Hal ini penting karena peninjauan kurikulum akan menentukan arah FEBI ke depan. Seluruh peserta diingatkan tentang pentingnya keterlibatan aktif dalam kegiatan ini. Adapun agenda dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Abdul Hakim M.E.I, disusul dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Bagimu Negeri”.

Pemateri pada hari pertama adalah Wiwik Sri Utami, MP, Dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) Universitas Negeri Surabaya. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan pentingnya mendesain ulang kurikulum sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Kurikulum prodi harus didasarkan pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan juga mengakomodir Mata Kuliah Berbasis Kompetensi (MBKM).

Pemateri juga menjelaskan konsep Outcome-Based Education (OBE) yang merupakan jembatan untuk menghadapi dinamika di dunia nyata yang berbeda dengan lingkungan perguruan tinggi. Pemateri menekankan bahwa prestise dan akreditasi universitas tidak menjamin keunggulan lulusan, sebagaimana contoh lulusan SMK yang memiliki sertifikasi kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pemateri menjelaskan bahwa OBE memiliki karakteristik kurikulum yang fleksibel dan berfokus pada capaian pembelajaran untuk lulusan. Prinsip OBE dalam perguruan tinggi adalah keselarasan konstruktif. Perubahan matakuliah dan kurikulum merupakan hal yang wajar dan dilakukan berdasarkan evaluasi program studi secara berkelanjutan.

Selanjutnya Kaprodi Ilmu Ekonomi menyampaikan materi pada hari kedua, (08/06/2023). Beliau menyampaikan tujuan prodi Ilmu Ekonomi yang mencakup aspek akademik, umum, dan sosial. Profil lulusan prodi tersebut dijabarkan dalam tiga peran, yaitu sebagai perencana pembangunan ekonomi, analis ekonomi, dan pemberdaya ekonomi. Hal ini kemudian diformulasikan menjadi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Reviewer memberikan ulasan atas penyampaian tersebut, dan ada saran agar muatan UINSA dapat dimiliki oleh seluruh mahasiswa, bukan hanya prodi tertentu. Diskusi dilanjutkan dengan penjabaran keterampilan yang diperlukan oleh lulusan dalam bidang analisis ekonomi, perencana pembangunan ekonomi, dan pemberdaya ekonomi. Keputusan terkait pengambilan muatan milik UINSA dan kesamaan dalam mencapai keterampilan dan profesi lulusan menjadi tanggung jawab masing-masing prodi.

Karena waktu yang terbatas, tidak semua materi dapat direview secara detail. Rapat pun ditutup dan para peserta pulang dengan harapan bahwa proses peninjauan kurikulum akan terus berlanjut untuk meningkatkan mutu pendidikan di FEBI. [SAT&SFRR]