Berita

RAKER 2024, UINSA PERKOKOH REKOGNISI INTERNASIONAL

UINSA Newsroom, Sabtu (09/03/2024); Taujihat Akademik dari Ketua Senat Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya, menandai dimulainya Raker Kerja (Raker) Tahun 2024. Sesi panel dibuka dengan paparan dari Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Dr. Slamet Wahyudi, ST., MT., terkait ‘Roadmap Mutu UINSA.’

Selanjutnya Pengarahan Rektor sekaligus paparan Koordinator Staf Khusus Menteri Agama, Dr. H. Adung Abdul Rochman pun menutup sesi hari pertama Raker tahun 2024.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan tentang pentingnya sensitivitas dalam pengambilan kebijakan di lingkungan UINSA Surabaya. Terutama dalam upaya merespon situasi mendesak yang ada di masing-masing unit.

“Krisisnya tinggi, lalu kita tidak merasa perlu untuk melakukan sesuatu karena tidak merasa ada situasi yang mendesak. Maka disanalah munculnya low performance,” ujar Prof. Muzakki. Karenanya, lanjut Rektor, perlu meningkatkan sense of crisis, sense of urgency, serta sense of sensitifity.

Rektor UINSA menegaskan, bahwa tujuan utama Raker 2024 sebagaimana tema kegiatan adalah ‘Outlook Trisula Rektor 2024: Memperkokoh Rekognisi Internasional.’ Perangkingan internasional seperti UniRank, EdunRank, Webosmatrics, menurut Rektor, adalah panggung depan reputasi UINSA di kancah global. “Semua urusan bisnis kita ini, core bussines academic kita benahi bersama tapi panggung depan ini tidak boleh acak-acakan,” tegas Prof. Muzakki.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga mengajak kepada segenap unsur pimpinan pada unit kerja untuk melakukan digital marketing guna meningkatkan row input mahasiswa baru tahun 2024. Terutama dengan tetap mempertimbangkan selera generasi Z. Termasuk meningkatkan minat masuknya mahasiswa internasional.

Tak lupa, Rektor juga menghimbau untuk memperkuat riset dan publikasi akademik sebagai salah satu pra syarat world class university. Termasuk keterserapan alumni perguruan tinggi di pasar kerja. Tidak hanya sektor formal, namun juga informal seperti halnya business start up.

“Bapak/ibu yang saya hormati, ada ruang-ruang yang memang harus kita maksimalkan bersama-sama supaya pasar pendidikan kita ini teropeni (terawat, red),” ungkap Prof. Muzakki.

Masih terkait dengan dunia digital, Rektor juga menegaskan pentingnya mengembangkan paradigma baru di dunia Pendidikan sesuai dengan keilmuan masing-masing di Fakultas dan Pascasarjana. Seperti halnya digital education, digital economy, digital religion, digital communication, dan lain sebagainya. “Karena menjadi bagian dari inovasi yang sedang kita bangun untuk kita bangun. Nilai noveltynya, ini yang belum banyak digarap oleh orang,” jelas Prof. Muzakki.

Pengarahan Rektor ditutup dengan paparan Koordinator Staf Khusus Menteri Agama, Dr. H. Adung Abdul Rochman pun menutup sesi hari pertama Raker tahun 2024. Pada hari kedua, kegiatan Raker dilanjutkan dengan agenda sidang komisi ‘Penetapan Program Prioritas Tahun 2024 berdasarkan IKU Wakil Rektor. Pada kesempatan ini forum dibagi dalam 5 komisi dan akan ditutup dengan sidang pleno dan insert program Prioritas ke dalam kontrak kinerja. (Nur/Humas)

Reportase: Nur/Yudi/Rian
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian