Berita

PWN PTK KE-XVI USAI, UINSA TERPILIH SEBAGAI KONTINGEN TERGIAT

UINSA Newsroom, Jumat (27/05/2023); Tidak terasa, rangkaian kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) Ke-XVI tahun 2023 telah usai. Upacara penutupan pun digelar pada Jumat, 26 Mei 2023. Upacara penutupan ini dilaksanakan sore hari, mulai pukul 16.00 WITA, dengan diawali tampilan tari khas daerah Gorontalo. Dibawakan oleh perwakilan setiap kontingen, termasuk UINSA Surabaya.

Upacara penutupan dibuka dengan sambutan, penutupan, penurunan bendera merah putih, dan diakhiri dengan pengumuman penghargaan bagi para kontingen yang terpilih di beberapa kategori.

Sambutan pertama, disampaikan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Gorontalo, Prof. Dr.  H. Nelson Pomalingo, M.Pd. Kemudian sambutan ketiga, disampaikan Prof. Dr. Ahmad Zainul  Hamdi, M.Ag., Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Sebelum memasuki acara inti, yakni penutupan, terdapat pemutaran video ucapan terimakasih dari Panitia penyelenggara kepada seluruh peserta dan pihak yang turut berkontribusi dalam acara besar ini. Video ditampilkan di layar panggung utama PWN XVI dan disaksikan seluruh peserta, panitia, dan tamu undangan.

Dalam acara inti, Wakil Menteri Agama RI, Dr. H. Zainul Tauhid Saadi, M.Si., hadir selaku pembina upacara sekaligus yang menyampaikan pernyataan penutupan kegiatan. Pada kesempatan ini, Wamenag berpesan kepada seluruh peserta untuk terus menjaga semangat dalam bingkai keberagaman dan kebhinekaan, serta tetap tingkatkan rasa cinta tanah air. Wamenag juga berharap, jika seluruh peserta PWN PTK XVI dapat mengajak masyarakat untuk menjaga nilai persaudaraan dan persatuan.

Setelah selesai ditutup, rangkaian acara selanjutnya disambung dengan apel penurunan bendera. Kemudian yang ditunggu-tunggu para peserta, yakni pengumuman penghargaan bagi para kontingen. Terdapat 6 kategori dalam penghargaan ini, yakni Kontingen administrasi terbaik, kontingen tergiat, tapak kemah terbaik putra, tapak kemah terbaik putri, kuliner terbaik, serta pentas seni terbaik. Pada kesempatan ini, UINSA berhasil meraih penghargaan sebagai Kontingen terbaik dari total kurang lebih 800 peserta.

“Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kontingen Pramuka UINSA dalam Acara tingkat nasional PWN PTK XVI ini,” tegas Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswan, dan Kerjasama, Dr. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag. (Bgs/Bindamping)