Berita

Perkuat Pemahaman Tentang ODGJ, Prodi Psikologi Ajak Mahasiswa Studi Lapangan ke RSJ Lawang

Malang – (25/05/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan acara studi lapangan ke Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dan kebun teh Wonosari.
Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Psikologi angkatan 2021. Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dimulai sambutan oleh (bu rizma) sebagai perwakilan dari FPK UINSA.

Acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan RSJ, “Kami (RSJ Lawang) merupakan salah satu rumah sakit yang sudah lama ada, lebih dari 100 tahun kami berdiri. Dan sekarang kami telah setara dengan rumah sakit berskala internasional. Semoga kunjungan ini tidak menjadi terakhir kali, namun untuk awal sebagai silaturrahmi kedepannya, kami melayani jika ada mahasiswa yang magang maupun melakukan penelitian.” Pungkasnya.

Acara selanjutnya mahasiswa diajak untuk hospital tour untuk mengenal sisi-sisi dan ruangan yang ada di RSJ Lawang ini. Mahasiswa melihat berbagai ruangan yang di dalamnya ada macam-macam pasien yang mengalami gangguan psikologis yang berbeda.

Selain itu, pada kesempatan ini mahasiswa diajak untuk mengenali berbagai ruangan yang digunakan dalam merawat pasien, seperti ruangan okupasi, ruangan perawatan, ruangan rehabilitasi, dan lainnya.
Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi di aula yang membahas tentang psikologi.

“Gangguan psikologi menyerang segala orang di setiap jenjang, dari anak-anak sampai lansia memiliki gangguan yang berbeda-beda, maka kehadiran psikolog sangat dubutuhkan dalam kehidupan.”
Tidak hanya itu, dalam pemaparan tersebut disampaikan sebuah pesan yang menampik stigma negatif masyarakat tentang RSJ.

“Rumah sakit jiwa ini memang diperuntukkan untuk seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan, namun bukan berarti kita tidak merawat. Disini kami melalukan intervensi sampai pasien sembuh, karena pasien merupakan manusia yang harus dimanusiakan. Begitupun tempat ini yang memiliki pondasi untuk menanusiakan manusia”

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dilanjutkan foto bersama. Semoga dengan adanya pembukaan untuk silaturrahmi ini dapat menjadikan hubungan yang baik antara FPK dengan RSJ Lawang. (MSH)