Berita
Pusat Pengembangan Bahasa UINSA gelar Opening Ceremony Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri Tahun 2022

Pembukaan Kegiatan PPSL di UIN Sunan Ampel tahun ini diikuti 12 peserta dan pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya. Ke-12 peserta ini merupakan 11 dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan satu orang guru Madrasah. Adapun dosen yang tergabung dalam program PPSL  berasal dari UIN Walisongo 1 orang, UIN Maulana Malik Ibrahim 1 orang, UIN Syarif Hidayatullah 1 orang, UIN Ar-Raniry 1 orang, IAIN Syekh Nurjati Cirebon 1 orang, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung 1 orang, Universitas Nahdatul Ulama Indonesia 1 orang, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau 1 orang, IAIN Sultan Amai Gorontalo 1 orang, STAI Al YAsini Pasuruan 1 orang, STIT Darussalam Pidie Banda Aceh 1 orang dan satu guru MTs Bab Buurahmah Kepulauan Riau.

Kegiatan pembukaan ini dimulai dengan sambutan Muhammad Budiono, M.Pd.I selaku Kepala Pusat Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, Budiono menyampaikan bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya sudah cukup sering dipercaya Kementrian Agama Republik Indonesia untuk menyelenggarakan program PPSL Bahasa Arab. Acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik.  Dalam sambutannya, Prof Dr Ali Mudlofir M.Ag sampaikan doa dan harapan kepada peserta Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri yang mendapat penempatan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan PPSL, Rabu (9/11/2022) di gedung Twin Tower UIN Sunan Ampel Surabaya. PPSL dijadwalkan akan berlangsung 9 November 2022 hingga 27 Januari 2023.

“Tidak banyak orang yang mendapat kesempatan seperti bapak dan ibu. Bapak ibu harus mempersiapkan diri  dan melakukan dengan sebaik-baiknya seluruh program yang ada. Materi kali tidak hanya terfokus pada penguatan materi Bahasa Arab namun juga materi Academic Writing, Budaya Timur Tengah, wawasan kebangsaan dan moderasi beragama,” kata Prof Dr Ali Mudlofir MAg kepada peserta. Beliau berharap kepada peserta PPSL ini dapat mengabdi untuk agama, bangsa, dan negara. “Kita harus dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” harapnya. Agenda dilanjutkan dengan menyimak arahan dan Pembukaan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT. Dalam arahannya, Prof. Ramdhani menyampaikan bahwa peserta harus serius dan sungguh-sungguh dalam mengikuti program ini. Program peningkatan SDM seperti ini mohon direspon dengan posotif dan dibuktikan dengan keseriusan peserta dalam pelaksanaan PPSL. Agenda ditutup dengan orientasi Program PPSL di Ruang Pusat Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya.