Berita

LPM News, 28/02/2024. Pada hari ini telah diluncurkan Pusat Konseling oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Pusat Konseling ini berada dalam koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya.

Keberadaan Pusat Konseling ini merupakan komitmen UIN Sunan Ampel Surabaya untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing. Kesuksesan lulusan ini sangat tergantung pada perjalanan mereka selama belajar, termasuk dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik. Peran Pusat Konseling  di UIN Sunan Ampel Surabaya sangatlah penting.

Pentingnya layanan konseling di lingkungan universitas tercermin dalam perannya yang memberikan dukungan penting kepada mahasiswa dalam menghadapi tantangan kesehatan mental, mendorong pertumbuhan pribadi dan eksplorasi diri, meningkatkan prestasi akademik, memberikan panduan karier, serta mempromosikan ketahanan emosional. Layanan ini menciptakan ruang aman dan bersifat rahasia bagi mahasiswa untuk menangani masalah akademik dan eksplorasi diri.

Layanan ini membantu mahasiswa dalam mengatur diri, membuat keputusan cerdas mengenai pendidikan dan karier, meningkatkan kebiasaan belajar, serta mengembangkan ketahanan emosional. Pada akhirnya, kontribusi layanan konseling sangat berarti dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesuksesan holistik mahasiswa di universitas, baik selama perjalanan akademis maupun dalam persiapan untuk masa depan mereka. Secara lebih jauh, layanan konseling ini juga akan membantu seluruh civitas akademika dalam menyelesaikan problemanya maupun melakukan pengembangan diri.

Pusat Konseling LPM-UINSA memiliki 6 (enam) program, yaitu:

  1. Best Friend
  2. Individual Counselling
  3. Group Counselling
  4. Online Counselling
  5. Mental Health Education
  6. Mental Health Social Media

Pusat konseling didukung oleh tim konselor sebaya dan konselor professional, yang membantu mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahannya. Untuk memberikan kemudahan layanan bagi mahasiswa, pendaftaran layanan konseling dilakukan secara online dengan mengakses pada https://s.id/Daftar_Konseling. Mahasiswa akan mendapatkan konselor sebaya sebagai teman bincang dalam menghadapi masalahan. Selanjutnya apabila masalah yang dihadapi cukup berat, maka mahasisw akan diarahkan kepada konselor profesional untuk membantu menyelesaikan masalahnya.

UINSA Surabaya:
Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation

Stronger Together
Together Stronger

#KonselingUINSA
#MentalHealthUINSA
#PsychologicalWell-BeingUINSA