Berita

Surabaya, 21 Februari 2024, Lab FST UINSA kedatangan tamu istimewa dari PT. Graha Mutu Persada. Kunjungan ini diawali dengan sesi diskusi menarik antara tim Lab FST UINSA dan PT Graha Mutu Persada, membahas berbagai peluang kerjasama dan pengembangan bidang sains dan teknologi dalam rangka Income Generating. 

Sesi diskusi bersama PT. Graha Mutu Persada

 

Acara dilanjutkan dengan visitasi lab, di mana tim PT Graha Mutu Persada berkesempatan melihat langsung kesiapan berbagai peralatan canggih di Instrumental Laboratory. Di antara fokus utama kunjungan ini adalah FTIR dan GCMS, AAS, serta alat yang berperan penting dalam analisis kualitas air, tanah, dan udara. 

  1. FTIR merupakan alat yang digunakan untuk analisis gugus fungsi secara kualitatif dalam suatu senyawa kimia yang terdapat di dalam lemak babi, plastik, karet, makanan, obat, minyak, kitosan, batu bara, dan kosmetik. FTIR ini juga dapat digunakan untuk analisa kuantitatif dengan menggunakan data intensitas pada panjang gelombang tertentu untuk perhitungan. 
  2. GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) merupakan salah satu teknik analisis yang paling umum digunakan untuk analisis senyawa organik yang mudah menguap.
  3. AAS adalah metode analisis yang didasarkan pada proses penyerapan energi radiasi oleh atom-atom bebas dalam keadaan dasar. AAS digunakan untuk menganalisis kandungan logam pada suatu sampel, baik itu logam berat maupun logam ringan. AAS memiliki keunggulan spesifisitas dan sensitivitas yang tinggi.
Visitasi Instrumental Laboratory

Kunjungan ini menjadi momen berharga bagi Lab FST UINSA untuk menjalin hubungan kerjasama dengan industri, sekaligus membuka peluang bagi para sivitas akademika untuk terlibat dalam proyek-proyek aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat.