Berita

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar kuliah kerja lapangan pada Rabu (05/07/2023) di PT Yakult Indonesia Persada, Mojokerto, Jawa Timur. Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk memadukan aspek pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang akuntansi yang telah didapatkan pada kelas perkuliahan dengan kondisi yang sesungguhnya di lapangan. Kegiatan yang melibatkan angkatan di semester 6 ini diawali dengan arahan oleh Dr. Mazro’atus Sa’adah, M.Ag selaku ketua program studi menjelang keberangkatan kegiatan di depan gedung fakultas.

Setelah tiba di lokasi kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Humas PT Yakult Indonesia Persada yang dilanjutkan dengan pemaparan video safety introduction serta pengenalan perusahaan (company profile). Selain itu, mereka juga memaparkan mengenai sistem distribusi Yakult hingga menuju konsumen. “Kami terdapat sistem distribusi, yaitu Yakult lady yang sudah tidak asing lagi dan dengan metode direct sales dengan mobil box berpendingin khusus”, ungkap Salsa salah satu tim penyaji.

Sementara itu, PT Yakult Indonesia Persada juga memiliki program corporate social responsibility (CSR) sebagai bentuk kepedulian Yakult terhadap lingkungan di sekitar. “Kami memiliki program CSR sebagai kepedulian kami, seperti melakukan penanaman 10.000 pohon yang berada di Sukabumi dan Mojokerto guna kelestarian lingkungan, sosialisasi dalam pencegahan kanker payudara, serta pemberian Yakult kepada tenaga kesehatan”, ujar Salsa. Terdapat pula program bijak bersama dalam membuang Yakult, dalam usaha menjaga kelestarian lingkungan. “Selain itu, kami juga memiliki program dalam menjaga kelestarian lingkungan, yaitu bijak dalam membuang Yakult. Botol Yakult yang telah kosong nantinya akan dikutip oleh pihak ketiga yang kemudian nanti akan diolah kembali agar tidak membahayakan lingkungan dan tidak menimbun sampah plastik”, tambahnya.

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan factory tour bersama Humas PT Yakult Indonesia Persada. Dalam sesi ini, mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana proses produksi Yakult hingga nantinya didistribusikan ke konsumen. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dosen dan mahasiswa terhadap Humas PT Yakult Indonesia Persada, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh program studi akuntansi serta dokumentasi bersama.

Kuliah kerja lapangan kali ini juga melakukan ekskursi ke Bernah de Valley, salah satu unit bisnis di bawah badan usaha miik desa (BUMDesa) Kembangbelor, kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. mahasiswa secara langsung dapat menikmati indahnya suasana pedesaan yang di kemas dalam bentuk desa wisata yang berkolaborasi dengan perhutani. Pola manajemen keuangan yang tidak biasa dilakukan untuk mengelola unit bisnis tertentu di bidang wisata menjadi perhatian bagi mahasiswa akuntansi yang telah mendapatkan mata kuliah business plan dan manajemen keuangan serta tata Kelola unit bisnis. [mij]