Berita
PROF. INUNG: PENDAMPINGAN BLKK BUKTI KOMITMEN UINSA SEBAGAI UNIVERSITY ENGAGEMENT

UINSA Newsroom, Jumat (25/11/2022); Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. Dr. H. Zainul Hamdi, M.Ag, hadir dalam acara penutupan kegiatan Upgrading Pengelola Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Inkubator Kewirausahaan di Santika Hotel Gubeng Surabaya, Kamis, 24 Nopember 2022 Pukul 19.00 WIB. Acara yang telah berlangsung selama dua belas hari mulai 13-24 November 2022 ini terselenggara atas Kerjasama UINSA Surabaya dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Prof. Inung sapaan akrab Wakil Rektor Bidang KK menyatakan, bahwa program ini merupakan salah satu program pada University Engagement yaitu kerja sama UINSA dan masyarakat. SDM terbaik dikirim untuk penjadi pengajar dalam acara ini. Diistilahkan Warek KK, bahwa pada kegiatan ini ada tiga Maqam BLKK. Yakni Maqam BLKK Binaan, Maqam BLKK Khas (Berdaya), Maqam BLKK Khowasul Khowas (Mandiri). “Diharapkan kegiatan ini sesuai dengan salah satu bait pada lagu Padamu Negeri yang dilantunkan di awal acara yakni tidak ada niat satupun yang tidak untuk berbakti padamu negeri,” ujar Prof. Inung.

Salah seorang peserta, Abdul Rozak, Pengelola BLKK Buana Nihadul Fallah Kabupaten Batang menyampaikan kesan dan pesannya.  Ia mengucapkan terima kasih atas ilmu yang didapat sangat khususnya untuk BLKK yang baru berdiri dan seluruh BLKK pada umumnya. Di Indonesia terdapat 3.000 BLKK yang merupakan tulang punggung ekonomi di Indonesia. “Kami saat di kelas kesusahan dalam mencerna materi, tetapi saat di lapangan sangat mudah dalam melihat peluang, dan kawan serta lawan dalam materi Appreciate Inquiry. Langkah konkrit ditunggu oleh umat dan Indonesia serta menjadi acuan pada masa depan anak cucu kita,” pungkasnya.

Selanjutnya acara ditutup Koordinator Intala Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Yahdiati. Ia menyampaikan bahwa selama dua periode ini adalah masa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yakni melalui pendampingan vokasi yang merupakan prioritas dalam pembangunan nasional.

Pada pelatihan dibawah Koordinator Program Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag., ini, para peserta yakni Pengelola Balai Latihan Kerja Komunitas yang berasal dari berbagai pesantren di Indonesia, mendapatkan ilmu yang sangat beragam dan penting dalam dunia kewirausahaan. Dikawal ketat Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Achmad Room Fitrianto, S.E, M.E.I, M.A, Ph.D, para peserta mendapatkan bekal pengetahuan tentang Peningkatan SDM Wirausaha, Kepemimpinan, Potensi Aset dan Variasi Usaha, Manajerial Kewirausahaan, Pemasaran dan Riset Pasar, serta bagaimana menyusun Business Plan. “Semoga ini adalah modal yang kuat untuk para pengelola BLKK menhantarkan para wirausahawan Indonesia semakin sukses dan berkibar,” harapnya. (elha-hana)