Berita

Pada Rabu, 19/10/2022, Ketua dan Sekretaris prodi Sastra Indonesia beserta beberapa dosen menghadiri acara penutupan kegiatan magang mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2019, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara penutupan diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) dan TV9.

Ketua prodi Sastra Indonesia, bapak Haris Shofiyuddin, Sekretaris prodi, ibu Rizki Endi Septiyani, dan dosen Sastra Indonesia yaitu ibu Jiphie Gilia Indriyani dan Novia Adibatus Shofah melanjutkan silaturahmi dengan kepala Balai Bahasa Jawa Timur, ibu Umi Kulsum dan Kepala Subbagian Tata Usaha, ibu Ary Setyorini, beserta ibu pembimbing BBJT. 

Perbincangan yang dirumuskan adalah komunitas literasi membaca mahasiswa Sastra Indonesia yang juga diikuti oleh mahasiswa dari instansi dalam mendukung upaya untuk kampanye jaga bahasa. Hal tersebut ternyata sejalan dengan salah satu target atas program kerja BBJT, yaitu Jaga Bahasa Indonesia. Mahasiswa Sastra Indonesia yang bergabung di dalam komunitas tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan dengan berkolaborasi dengan wadah BBJT, tentu saja pada kegiatan peningkatan literasi membaca.

Selain BBJT, prodi Sastra Indonesia juga menghadiri acara penutupan magang di TV9. “Saya sebenarnya tidak berekspektasi tinggi terhadap kemampuan mahasiswa Sastra Indonesia dalam bidang broadcasting dan media, namun ternyata saya salah besar. Mereka ini sangat cepat belajar. Akhirnya, selain membimbing mereka, saya juga agak memanfaatkan mereka untuk mengelola proses editing, uploading ke YouTube, dan rendering video”, ungkap pembimbing TV9 tersebut kepada kaprodi, sekprodi, dan dosen Sastra Indonesia. Kebermanfaatan yang nyata rupanya telah tampak dari mahasiswa yang telah menyelesaikan programnya tersebut. Dengan begitu diharapkan bahwa prodi Sastra Indonesia akan dapat melanjutkan kerja sama yang baik dengan TV9. (Sho)