Berita

Surabaya, Rabu (9/10/2024) – Program Studi Sastra Indonesia UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) mengadakan Konferensi Nasional Mahasiswa Sastra Indonesia (KONASINDO) 2024 dengan tema “Peran Teknologi Digital dalam Pelestarian dan Pengembangan Sastra Indonesia” pada Rabu, 9 Oktober 2024. Acara ini berlangsung di ruang kelas sisi timur UINSA secara langsung dan dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai kampus.

KONASINDO 2024 menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan hasil penelitian mereka di bidang budaya dan sastra Indonesia, khususnya terkait teknologi digital. Para mahasiswa berkesempatan mempresentasikan penelitian terbaru mengenai penggunaan teknologi dalam pelestarian sastra, baik dalam bahasa daerah maupun media sosial.

Untuk topik bahasan linguistik, beberapa seserta mengangkat isu yang masih jamak terjadi pada masyarakat. Selain mengupas tindak tutur dalam perilaku masyarakat era digital saat ini, peserta juga ada yang meneliti mengenai bentuk-bentuk isu dalam bidang linguistik pada lagu, video, siniar, hingga film.

Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UINSA, Prof. Dr. Phill. Kamal Yusuf, S.S. M.Hum., menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam menyusun, menulis, dan mempresentasikan artikel ilmiah. Selain itu, konferensi ini juga diharapkan bisa memperkuat akreditasi internasional program studi.

KONASINDO menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Syarifah Wardah el Firdausy, M.Phil. dari Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR), yang membahas tentang eksistensi sastra lama masa kini dalam tajuk “Pemugaran Makam Siti Fatimah binti Maimun Menurut Legenda Pagebluk Leran”, dan Moh Atikurrahman, M.A. dari UINSA, yang memaparkan tentang Sastra Multimodal dalam Karya Sastra Digital. Moderator acara ini adalah Guntur Sekti Wijaya, M.A., dosen Sastra Indonesia UINSA.

KONASINDO 2024 berhasil menciptakan ruang diskusi produktif antara mahasiswa dan dosen, serta mendorong inovasi dalam pengembangan sastra Indonesia di era digital. (Aliya-Sasindo)