Berita

Pendidikan Profesi Guru

Thursday, 11 August 2022

Prodi PPG UINSA Gelar  Evaluasi Pelaksanaan PPG Batch 2 dan Persiapan Menjelang Tahapan Lokakarya 

Bertempat di Ruangan Meeting Room Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) menggelar evaluasi pelaksanaan PPG Batch 2 sekaligus rapat koordinasi menyambut tahapan lokakarya. Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I selaku kaprodi PPG dan dihadiri oleh Kepala Laboratorium, Sekretaris Prodi PPG, Koordinator IT Beserta seluruh Tim IT PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan PPG Batch 2, diawali dengan mengidentifikasi kendala-kendala selama pelaksanaan  pendalaman materi baik kendala secara teknis, kendala yang dihadapi oleh dosen maupun dihadapi oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Hal ini dilakukan dengan cara menyampaikan hasil monitoring terkait pelaksanaan pendalaman materi pada masing-masing kelas yang disampaikan oleh tim IT yang bertugas mendampingi bapak ibu dosen serta mahasiswa di kelas virtual. Setelah tim IT menyampaikan hasil monitoringnya kaprodi PPG menyimpulkan bahwa “Secara umum pelaksanaan pendalaman materi batch 2 berlangsung lancar” Ucap Ainun (sapaan akrab beliau).

Kelancaran pelaksanaan pendalaman materi pada batch 2 tidak terlepas dari usaha dan kerja keras tim PPG sehingga ketika ada kendala yang muncul seperti keterlambatan mahasiswa mengumpulkan tugas, tidak melakukan diskusi dll maka tim yang bertugas memonitoring akan segera mengidentifikasi dan berkoordinasi baik dengan mahasiswa, dosen maupun pihak prodi sehingga kendala yang muncul bisa segera dituntaskan sebelum lanjut ke modul berikutnya.

Selanjutnya, rapat persiapan menjelang tahapan pelaksanaan lokakarya membahas terkait kegiatan briefing mahasiswa dan penyamaan persepsi dosen Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP). Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2022 secara daring. Selain penentuan tanggal pelaksanaan kegiatan juga dilakukan pembagian tugas pelaksana kegiatan briefing dan penyamaan persepsi beserta materi dan pematerinya. (Aini).