Berita

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Thursday, 11 August 2022

Tingkatkan Kualitas Penelitian Mahasiswa, Prodi PGMI kembali adakan Coaching Clinic Series 2 "Manajemen Referensi Menggunakan Mendeley"

Menulis artikel maupun karya ilmiah merupakan bagian penting dari dunia pendidikan. Namun, dalam prakteknya, mahasiswa masih kesulitan untuk menyusun daftar referensi artikel atau karya ilmiah, seringkali ada tang terlewat atau harus menulis satu persatu dalam menulis referensi sehingga menghabiskan waktu yang lama dan dapat menghambat penulisan sebuah artikel atau karya tulis ilmiah. Aplikasi Mendeley dapat memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan artikel ilmiah seperti artikel, tugas makalah, skripsi, tesus, disertasi, laporan penelitian, dan jurnal ilmiah. Mengetahui adanya hambatan yang terjadi pada beberapa mahasiswa dan untuk meningkatkan kualitas penelitian dalam pengelolaan referensi ilmiah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya kembali adakan Coaching Clinic Series 2 dengan mengangkat tema “Manajemen referensi Mengggunakan Mendeley”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Prodi PGMI dari mulai angakatan 2018-2021.

Acara Coaching Clinic Series 2 ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi PGMI, Ibu Uswatun Chasanah, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau memaparkan bahwa tema coaching clinic series 2 ini sangat penting bagi mahasiswa dalam mengelola referensi, karena hal ini dapat berguna bagi mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah dan juga mengerjakan tugas-tugas kuliah yang berupa makalah. “Coaching Clinic ini memudahkan para mahasiswa daam mencari referensi untuk mengerjakan tugas akhir skripsi maupun karya tulis ilmiah”, ujar Kaprodi yang biasa dipanggil dengan sebutan Bu Us.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Juhaeni, M.Pd.I yang merupakan dosen Prodi PGMI. Menurut penjelasandari  Ibu Juhaeni, M.Pd.I, mendeley dapat digunakan sebagai sumber referensi riset, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat membantu penulis dalam penyusunan daftar pustaka. Dalam Coaching Clinic Series 2 ini, seluruh peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley. Peserta pun langsung melakukan simulasi proses sitasi dan bibliografi. Seluruh peserta Coaching Clinic series 2 yang terdiri dari mahasiswa dan juga dosen Prodi PGMI sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Di akhir pemaparan materi, narasumber memberikan tugas kepada para peserta untuk  Harapannya, seluruh mahasiswa dan dosen bisa lebih mudah ketika melakukan penulisan karya tulis ilmiah dengan memanfaatkan teknologi pengelolaan referensi ini.