Berita

Surabaya – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu lulusan dan sebagai jaminan/pengakuan sebuah kualitas perguruan tinggi, UIN Sunan Ampel Surabaya mendorong 12 prodinya untuk mendaftar akreditasi internasional. Sembilan prodi mendaftar ke FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dan tiga prodi mendaftarkan ke ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschafte, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), salah satunya prodi pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang didorong untuk mendaftar ke ASIIN. Kegiatan pendampingan Akreditasi internasional ini dipimpin oleh ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Ali Mustofa, M.Pd dan dilakukan dalam kurun waktu 4 (empat) bulan yang dimulai bulan 26 Oktober 2022 sampai Minggu ke 4 bulan Februari 2023.

Peta jalan akreditasi internasional pada prodi Pendidikan Matematika (PMT) ini dimulai dengan penentuan tim akreditasi internasional yang terdiri dari Dekan FTK Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd sebagai penanggung jawab tim, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan Prof.Dr. Hj. Husniyatus Zainiati, M.Ag sebagai ketua tim, ketua program studi PMT Dr. Sutini, M.Si sebagai sekretaris tim, ketua dan sekretaris Jurusan PMIPA, sekretaris prodi PMT, dosen-dosen PMT dan penyelaras bahasa sebagai anggota tim akreditasi internasional ASIIN prodi PMT. Setelah terbentuk tim, langkah selanjutnya yaitu kick off dan executive briefing akreditasi internasional yang didampingi oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Airlangga yang dilaksanakan di Twin Tower lantai 9 pada tanggal 9 dan 10 November 2022. Setelah tim mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ASIIIN, langkah selanjutnya yaitu workshop penyusunan profil dan kurikulum OBE sesuai dengan tagihan ASIIN selama 1 Minggu. Setelah profil dan overview kurikulum prodi tersusun dalam Bahasa Inggris, langkah berikutnya dilakukan review secara internal dan eksternal dan tepat tanggal 23 November 2022 tersubmit dokumen pada ASIIN sebagai registrasi tahap 1. 

Tahapan selanjutnya yaitu penyusunan dokumen Curriculum Vitae (CV) dosen pengampuh mata kuliah dan dokumen course design semua mata kuliah yang sesuai kurikulum. Dokumen CV dan course design ini juga direview oleh pihak LPM UINSA dan BPM Universitas Airlangga. Tahapan terakhir yaitu penyusunan Self Study Report (SAR) sampai  registrasi tahap 2 yang direncanakan pada bulan Maret tahun 2023. Semoga perjuangan UINSA dan tim akreditasi internasional semua prodi berhasil. Perjalanan peta akreditasi ini sebagai upaya untuk menjembatani kriteria kemampuan lulusan yang dihasilkan dan kemampuan lulusan yang dibutuhkan oleh pasar kerja di seluruh dunia.