Column UINSA

Ushuluddin & Filsafat

Monday, 12 December 2022

STUDENT EXCHANGE MAHASISWA FUF DI UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA (Mengunjungi Kota Pusat Pemerintahan Negeri Jiran)

Seperti yang kita ketahui bahwa ibukota dari negara Malaysia ialah Kuala Lumpur. Akan tetapi apakah Kuala Lumpur juga merupakan pusat dari pemerintahan Malaysia? Perlu diketahui teman-teman, pusat pemerintahan Malaysia bukan berada di Kuala Lumpur. Melainkan pusat Pemerintahan Malaysia itu berada pada kota Putrajaya. ingin tahu seperti apa kota Putrajaya? Dan adakah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota tersebut?

Sebagai pusat Pemerintahan Malaysia Putrajaya atau Wilayah Persekutuan Putrajaya ialah pusat pentadbiran (administrasi) Kerajaan Persekutuan Malaysia yang menggantikan peran Kuala Lumpur pada tahun 1999 dan ibu negara pentadbiran (administrasi) Malaysia. Kota yang terletak 25 kilometer di selatan Kuala Lumpur ini merupakan kota besar futuristik yang menempatkan pusat pentadbiran Kerajaan Persekutuan. Dan Putrajaya ini merupakan wilayah persekutuan ke-3 di Malaysia.

Di kota ini juga terdapat istana perdana Menteri dan hampir seluruh kementerian kerajaan Malaysia kecuali Kementerian Perdagangan Antarbangsa dan Industri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kerja Raya yang masih berada di kota Kuala Lumpur. Sebagai pusat pemerintahan Malaysia, Putrajaya memiliki desain yang sangat rapi dan unik. Bagaimana tidak? Kota yang luasnya hanya 4931 hektar ini memiliki beribu pesona yang akan memanjakan mata para pengunjung atau wisatawan yang ingin berlibur ke Putrajaya. Lantas pesona apa yang diberikan Putrajaya sebagai pusat pemerintahan Malaysia kepada para wisatawan?

Masjid Putra ialah masjid yang terletak di Putrajaya, Malaysia. Masjid Putra juga merupakan salah satu ikon penting yang wajib dikunjungi ketika mampir ke kota Putrajaya. Selain lokasinya yang bersebelahan langsung dengan istana perdana menteri, masjid ini juga memiliki pesona yang tak kalah bagusnya dengan istana perdana Menteri. Masjid ini mempunyai bangunan bernuansa timur tengah campuran antara klasik dan modern. Masjid ini mempunyai warna merah jambu yang apabila terkena sinar matahari warnanya akan sangat berkilau. Di bagian depan masjid juga mempunyai halaman yang sangat luas, yang mana di halaman ini juga terdapat satu Menara yang membuat masjid ini terlihat lebih gagah. Di bagian luar, masjid ini di kelilingi oleh danau yang sangat bersih dan indah.

Perlu diketahui bahwa Masjid putra selain sebagai tempat ibadah juga merupakan sebuah kawasan wisata religi. Sehingga para wisatawan boleh mengunjungi masjid putra selain dengan niatan untuk melakukan ibadah juga bisa untuk berwisata. akan tetapi para wisatawan yang datang harus tetap berpakaian yang sopan dan tertutup mengingat masjid merupakan sebuah tempat ibadah. dan terdapat batasan-batasan bagi para wisatawan yang ingin masuk ke dalam masjid putra ini.

Selain itu, masjid ini juga menyediakan tempat khusus bagi para wisatawan non muslim untuk mengabadikan momen tersebut di dalam masjid. Karena bagian dalam masjid putra ini tak kalah indahnya dengan masjid-masjid yang ada di timur tengah. Sehingga menambah daya minat wisatawan yang singgah di kota Putrajaya agar berkunjung ke masjid putra.

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin atau sering dipanggil dengan masjid besi merupakan salah satu ikon yang sering dikunjungi wisatawan ketika singgah di kota Putrajaya. Masjid ini terbuat oleh 6000 ton besi dan sebab itu juga disebut masjid besi. Karena konstruksi dari masjid ini hampir seluruhnya terbuat dari besi. Salah satu keunikan masjid ini juga tidak ada kipas angin ataupun penyejuk ruangan “air conditioner”, sebab desain dinding dari masjid besi ini dibiarkan terbuka sehingga dapat menyerap udara dari luar atau menggunakan teknologi “gas district cooling”.

Kita tahu bahwa kebanyakan dari bangunan masjid itu mengambil atau meniru ciri khas timur tengah. Berbeda dengan masjid yang satu ini, postur bangunan dari masjid besi ini memiliki ciri khas campuran antara Jerman dan China. Dan sebab hal itu juga masjid ini menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Dari beberapa tempat wisata di atas, sebenarnya masih terdapat banyak kawasan wisata yang dapat wisatawan kunjungi ketika singgah di kota Putrajaya. Karena selain pusat dari pemerintahan negara Malaysia, Putrajaya juga merupakan kota persekutuan ke 3 dari negara Malaysia. Dengan latar belakang yang demikian, membuat kota Putrajaya memiliki banyak tempat yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berlibur ke negeri Jiran. Sekian terima kasih.   

PENULIS: Muhammad Rizky Shorfana-07040120080 (PESERTA STUDENT EXCHANGE FUF DI UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA)