Berita

Dosen FSH UIN Sunan Ampel Surabaya kembali lagi membawa prestasi yang membanggakan karena telah berperan dalam acara AICIS 2024. Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI.  Peserta AICIS merupakan seluruh PTKIN se-Indonesia.

 Pada tahun ini, AICIS diselenggarakan di UIN Walisongo Semarang pada tanggal 1 – 4 Februari 2024. Tema yang diangkat kali ini yakni “Redefining the Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Excountering, Justice, and Human Rights Issues.” Hebatnya lagi, tiga dosen FSH UINSA menjadi presenter dalam parallel discussion

AICIS 2024 Semarang Discussion

Dosen FSH UINSA tersebut yakni Marli Candra, LLB (Hons)., MCL, Zainatul Ilmiah, M.H, Elva Imeldatur Rohmah, M.H. Ketiga dosen tersebut mempresentasikan hasil karya ilmiah yang sebelumnya telah di uploud di laman yang disediakan. Meskipun berada di ruang parallel diskusi yang berbeda, namun ketiga dosen FSH tersebut tampil dengan baik.

FSH UINSA AICIS 2024

Parallel diskusi bukan hanya mempresentasikan sebuah karya ilmiah yang telah dibuat melainkan juga terdapat sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut, para presenter lain dapat bertanya mengenai materi yang dipresentasikan. Para presenter lain juga dapat memberikan saran dan kritik sehingga dapat menemukan sebuah solusi dalam permasalahan setiap tulisan atau isu yang ditulis oleh penulis. Atas kerja keras tersebut, dosen FSH UINSA mampu menunjukkan karya terbaiknya sehingga dapat lolos ke tahap penyisihan dan presentasi.

FSH UINSA AICIS 2024

Meskipun setiap langkah tidak selalu mudah, namun berkat usaha, kerja keras, dan doa mampu membawa ketiga dosen FSH sampai ke titik hebat tersebut. Dalam acara AICIS 2024, juga mempersembahkan keynote speaker hebat dari luar negeri yang dimana keilmuannya sudah tidak diragukan lagi. AICIS 2024 juga mempersembahkan banyak kegiatan lain seperti International Islamic Higher Education Expo, UMKM and Halal Food Expo. 

Tak hanya itu, UIN Walisongo Semarang juga mempersembahkan Islamic Architecture and Civilization Expo, Islamic Astronomy Expo. Tak ketinggalan juga diramaikan dengan berbagai event menarik lainnya seperti Semarang Heritage Tour, dan Walisongo Center Expo. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan AICIS ini mampu memberikan solusi terhadap isu-isu sosial yang terjadi.