Berita

UINSA TEKEN LOI DENGAN UPNM MALAYSIA, INI DELAPAN POIN KERJASAMANYA

UINSA Newsroom, Rabu (21/02/2024); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya resmi menjalin kerjasama dengan Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM) pada Selasa, 21 Februari 2024. Surat perjanjian kerjasama yang ditandatangani Lieutenant General Datuk Mardzuki bin Muhammad dan Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., ini memuat sedikitnya delapan poin kerjasama.

Pertama, Program pertukaran pelajar antar universitas dan peluang penempatan pelatihan industri di universitas dan industri serta program kepemimpinan. Kedua, Pertukaran publikasi ilmiah dengan persetujuan kedua belah pihak. Ketiga, Kegiatan pertukaran pelajar, termasuk kehadiran kursus study tour, dan program mobilitas lainnya.

Keempat, berbagi dan melaksanakan program pengembangan kemahasiswaan dan karir untuk meningkatkan potensi dan daya jual lulusan. Kelima, Kegiatan pertukaran staf atau dosen.

Keenam, Partisipasi dalam pertemuan akademik dan proyek kolaboratif untuk meningkatkan pengembangan program Pendidikan. Ketujuh, Penyediaan pelatihan dan pengembangan kompetensi, dan Kedelapan, kegiatan terkait lainnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., mewakili Rektor UINSA menyambut rombongan UPNM di Ruang Meeting Rektor lt. 2 Tower Teungku Ismail Yakub Kampus A. Yani UINSA Surabaya. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., serta Kepala Pusat Layanan Internasional, Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A.

Sementara itu, rombongan dari UPNM sebanyak 17 orang yang dikomando langsung Prof. Dr. Sharizan bin Samad, Pengarah Pusat Kaunseling, Kerjaya dan Alumni, dan Puan Nur Faizah Ismail. Turut mendampingi segenap Dekanat dan Tim Manajemen FISIP UINSA Surabaya.

Warek Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyambut baik kerjasama UINSA dan UPNM khususnya dalam peningkatan kualitas mutu akademik. Sebagai saudara serumpun, lanjut Warek, kolaborasi menjadi hal yang penting untuk dapat meraih kesuksesan bersama. “Kami punya visi dan isi menjalankan internasionalisasi. Salah satunya adalah membangun kolaborasi dengan perguruan tinggi di Luar Negeri,” ujar Prof. Muhid.

Prof. Muhid secara khusus juga menyampaikan agar para pelajar dari UPNM dapat mengambil manfaat yang baik dari kegiatan selama berada di Kota Surabaya. “Yang baik-baik dibawa ke Malaysia, nanti disebarkan disana. Seperti aspek kebudayaan, perilaku keagamaan, religiusitasnya. Disini pusat peradaban Islam di Jawa Timur, kadi Provinsi ini ada banyak wali,” terang Prof. Muhid.

Usai prakata sambutan dari pimpinan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama secara simbolis meneken Surat Kerjasama (Letter of Intent) antara UINSA dan UNMP, disaksikan para pihak dari kedua kampus. Dilanjutkan dengan ramah tamah, penyerahan cinderamata, serta foto bersama.

Bertolak dari kampus A. Yani, rombongan UPNM juga dijadwalkan akan bertemu dengan Walikota Surabaya serta mengunjungi Makam Sunan Ampel. (Nur/Humas)

Reportase: Nur/Rian
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian