Berita

Rabu, 3 Mei 2023, adalah hari kedua diselenggarakannya acara AICIS 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Latar belakang acara ini adalah untuk mengimplementasikan prinsip Rahmatan Lil Alamin dalam semua aspek kehidupan. Di era saat ini, umat islam menghadapi tantangan baru dan kompleks. Hal tersebut perlu adanya pendekatan dengan cara yang tepat dan dapat diterima. AICIS 2023 hadir untuk merespon hal tersebut.

Gambar 1. Ibu Elly ikut serta sebagai panelis AICIS 2023

Gambar 1. Ibu Elly ikut serta sebagai panelis AICIS 2023

Elly Uzlifatul Jannah, M.H., selaku dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum menjadi salah satu panelis dalam kegiatan tersebut. Beliau membahas mengenai “Implikasi Rukyat Global Terhadap Penetapan Idhul Adha di Indonesia.” Suasana ruang 906 K.H Mahrus Aly Lantai 9 terlihat begitu hangat.

Dalam kajian ini ulama memiliki perbedaan pendapat ketika penetapan idul adha. Hal tersebut bukanlah suatu perkara baru sebab perbedaan ini akan selalu ada dari beberapa kelompok organisasi tertentu. Masalah ini bisa disikapi dengan saling menghargai satu sama lain. Meskipun tanggapan dan persepsi masyarakat bermacam-macam, namun persoalan ini ulama sepakat jika terbitnya hilal setiap daerah bisa berbeda-beda.

Forum diskusi ini semakin meriah. Hal tersebut terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir di dalam forum. Banyak dari kalangan akademisi maupun mahasiswa sangat menikmati forum diskusi ini. Setelah pemaparan materi, tak ketinggalan juga sesi tanya jawab. Para peserta forum diskusi aktif dan bersemangat untuk bertanya kepada panelis.