Berita

Rabu, 3 Mei 2023 adalah hari kedua diselenggarakannya acara AICIS 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Latar belakang acara ini adalah untuk mengimplementasikan prinsip Rahmatan Lil Alamin dalam semua aspek kehidupan. Di era saat ini, umat islam menghadapi tantangan baru dan kompleks. Hal tersebut perlu adanya pendekatan dengan cara yang tepat dan dapat diterima. AICIS 2023 hadir untuk merespon hal tersebut.

Gambar 1. Bapak Dr. Holilur Rohman, M.H.I. Sebagai Panelis

Dr. Holilur Rohman, M.H.I., selaku dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum menjadi salah satu panelis dalam kegiatan tersebut. Beliau membahas mengenai “Fiqh Kesehatan Berbasis Maqasid Alsyariah (Studi Terhadap Fatwa Mui Terkait Pandemi Covid-19).” Suasana ruang 906 K.H Mahrus Aly Lantai 9 terlihat begitu hangat.

Maqasid Alsyariah adalah salah satu teori yang bertujuan untuk kemaslahatan umat manusia. Dalam hal ini islam memandang, bahwasannya tidak ada hukum dan perintah dari Allah yang akan menimbulkan kerugian. Pandemi Covid-19 telah menjadi hal yang menakutkan terutama bagi negara Indonesia. Desember 2020 adalah awal mula penyebaran virus mematikan ini yang menelah banyak korban jiwa. Islam memiliki peranan penting untuk selalu mewujudkan solusi di dalam masalah yang semakin kompleks. Maqasid Alsyariah akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya pemerintah yang memiliki peranan penting, melainkan juga para ulama yang senantiasa mengkaji persoalan pandemi Covid-19 untuk melindungi bangsa. Forum diskusi ini semakin meriah. Hal tersebut terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir di dalam forum.