Berita

Senin (15/05/2023) Perpustakaan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendukung terselenggaranya kegiatan Pos Sayang Perempuan dan Anak (POS SAPA) dengan tema “Anak Cerdas Proteksi Diri” yang bertempat di salah satu corner di Perpustakaan UINSA yaitu Kids Corner. Kegiatan inovatif ini merupakan kerjasama Perpustakaan UINSA dengan Pusat Studi Gender (PSGA) LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya serta LPPAUD UINSA dan POS SAPA DP3AK Jatim.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh para murid, wali murid, dan guru LPPAUD UINSA. Hadir pula Pegiat Gender yaitu Afif Hida selaku narasumber yang secara informatif menjelaskan tentang pentingnya mengenalkan tubuh anak dan batasannya sebagai upaya proteksi diri.

Maraknya kasus pelecehan pada anak, membuat para orang tua dituntut untuk lebih waspada serta selalu menjadi sahabat anak agar anak terbuka untuk bercerita. Kegiatan yang berlangsung selama 1.5 jam ini walaupun mengusung tema yang berat tetapi dikemas secara ringan dan menarik. Kegiatan dibuka dengan perkenalan anak-anak, orang tua, dan guru, lalu diselingi games dan nyanyian, serta dilanjutkan dengan diskusi terkait pendidikan anak cerdas proteksi dini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya proteksi diri pada anak demi masa depan yang cerah. (AOW)