Berita
PRAKTISI BERBAGI ARSITEKTUR #2 BERSAMA PT. CITICON NUSANTARA INDUSTRIES “LIGHTWEIGHT CONSTRUCTION MATERIALS”

Lightweight Construction System merupakan salah satu sistem konstruksi yang telah tersebar luas dan digunakan oleh banyak negara di dunia seiring dengan perkembangan teknologi konstruksi bangunan masa kini. Prinsip konstruksi ini menggunakan material-material yang ringan sehingga beban struktural dapat berkurang, namun kekuatannya sebanding dengan sistem konstruksi beban berat. Dengan berkurangnya beban struktural, dimensi elemen struktural juga ikut berkurang sehingga dapat tercapai efisiensi pada biaya, waktu, dan tenaga pada suatu konstruksi. Implementasi penggunaan material tersebut penting dipahami oleh mahasiswa arsitektur agar mampu menerapkan dalam dunia nyata.

Prodi Arsitektur berkolaborasi dengan Prodi Teknik Sipil dan PT Citicon Nusantara Industries untuk memperkenalkan material bata ringan sebagai salah satu elemen sistem konstruksi ringan dalam bangunan, dalam kegiatan Praktisi Berbagi Arsitektur 2 yang diselenggarakan pada tanggal 8 November 2022. Acara yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Prodi Arsitektur serta Teknik Sipil ini dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd. yang mengharapkan kerjasama antara kedua program studi dengan PT Citicon Nusantara Industries dapat terjalin dengan baik dan berkelanjutan. Beliau juga berharap melalui kerjasama berkembang pada bidang bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan kuliah tamu bertema “Lightweight Construction Materials” menghadirkan narasumber Dini Sari, S.T., M.T. sebagai Product Development Manager PT Citicon Nusantara Industries dan dimoderatori oleh Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Noverma, M.Eng. Pemeteri menyampaikan materi terkait material bata ringan dimulai dari sejarah, kelebihan, hingga kuat tekannya ketika diletakkan di struktur bangunan. Pada kegiatan tersebut mahasiswa untuk mempraktikkan langsung cara memotong dan memasang material bata ringan. Hal ini semakin menarik rasa keingintahuan mahasiswa, terlihat dari antusiasme yang tinggi untuk mencoba mempraktikkan proses pemasangan bata ringan bersama para teknisi PT Citicon Nusantara Industries di depan audience. Acara semakin meriah ketika pihak PT Citicon Nusantara Industries memberikan bingkisan untuk para mahasiswa yang inisiatif bertanya dan maju untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait bata ringan Citicon yang disampaikan pemateri. Acara kuliah tamu “Lightweight Construction Materials” telah membuka wawasan dan inspirasi mahasiswa untuk lebih mendalami keilmuan struktur dan konstruksi bangunan terutama terkait material konstruksi ringan.