Berita
EVALUASI KEGIATAN PENGABDIAN, LP2M UINSA SUSUN BUKU PEDOMAN KKN

UINSA Newsroom, Kamis (10/11/2022); Tepat pada momen Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2022, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar kegiatan ‘Penyusunan Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata,’ di Hall lt. 5 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo. Kegiatan ini diinisiasi langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINSA Surabaya, dan akan digelar selama dua hari hingga Jumat, 11 November 2022

Hadir sebagai narasumber acara, Ketua LP2M UINSATU Tulungagung, Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI.; Kapus Pengabdian Masyarakat UINSUKA Yogyakarta, Trio Yonathan Teja Kusuma, ST., MT.; Ketua LPPM UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Zainul Abbas, M.Ag.; dan Direktur LPTP Surakarta, Dr. Rahadi.

Kepala Pusat Penelitian, Dr. Agus Afandi, M.Fil.I., dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini mengundang 90 Dosen UINSA yang termasuk diantaranya adalah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Pelatih Metodologi (PAR, ABCD, dan CBR). “Dari pengalaman itu kemudian kIta akan lakukan evaluasi sekaligus kita sepakati bersama. Kita desain lagi terkait dengan KKN yang akan datang. Karena beberapa tuntutan prodi dan fakultas terkait dengan KKN Merdeka Belajar,” ujar Dr. Agus.

Selain itu, lanjut Dr. Agus, adanya kerjasama UINSA dengan Dewan Masjid Indonesia yang nantinya akan ditindaklanuti menjadi KKN berbasis Masjid. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat kita laksanakan dengan tepat dan menghasilkan kesepakatan desain KKN UIN Sunan Ampel tahun depan. Sekaligus pedoman yang kita rancang untuk KKN tahun depan semakin baik dan efektif,” imbuh Dr. Agus.

Kegiatan dibuka langsung Dr. Phil. Khoirun Ni’am, Ketua LP2M UINSA Surabaya. Dalam sambutannya Dr. Phil. Khoirun Ni’am menyampaikan terkait konsep pengabdian sebagaimana merujuk Permenag RI Nomor 4 tahun 2022 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Keagamaan pasal 1. Disebutkan bahwa yang dimaksud dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban Perguruan tinggi uNtuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Dharma Penelitian, Dharma Pengabdian kepada Masyarakat, ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang jumlah personilnya cukup kecil melaksanakan dua dharma yang begitu besar,” ujar Dr. Phil. Khoirun Ni’am.

Karenanya melalui kegiatan ini akan fokus dilakukan evaluasi tentang pedoman pelaksanaan dari Pengabdian kepada Masyarakat. Melalui kegiatan ini pula diharapkan akan dapat dilakukan perbaikan-perbaikan perihal kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. “Kita memang kaya dengan berbagai macam model pengabdian yang ditawarkan menunjukkan bukti bahwa kita memberikan solusi dari berbagai macam hal,” imbuh Dr. Phil. Khoirun Ni’am.

“Ke depan juga harus dilakukan perbaikan bagaimana yang berkaitan dengan kepentingan manajemen. Yang lebih penting adalah subtansi. Kepentingan yang berkait dengan pengembangan-pengembangan keterampilan, kompetensi yang menjadi learning outcome dari masing-masing prodi dan jurusan harus menjadi utama. Irisannya dengan praktikum, dengan PPL, KKL, dan lain-lain juga perlu ada ketegasan,” lanjut Dr. Phil. Khoirun Ni’am.

Usai kegiatan opening ceremony, forum dilanjutkan dengan sesi paparan dari narasumber pertama bersama Ketua LP2M UINSATU Tulungagung, Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI. Pada kesempatan ini, Prof. Ngainun Naim berbagi success story tentang pengelolaan KKN Membangun Desa Berkelanjutan (MDB) yang sukses membawa UINSATU Tulungagung meraih penghargaan sebagai “Penyelenggaraan KKN Terbaik” pada ajang The 4th International Conference On University-Community Engagement (ICON UCE) 2022 yang diselenggarakan di IAIN Syeikh Nurjati Cirebon pada 24-26 Oktober 2022 lalu. (Nur-Chy/Humas)