Berita

Tarbiyah dan Keguruan

Thursday, 25 August 2022

PERSIAPKAN PLP II dan PMPI, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNDANG  KEPALA SEKOLAH/MADRASAH DAN KEPALA LEMBAGA DARI 14 KOTA DAN KABUPATEN  DI JAWA TIMUR

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada Kamis (25/9/2022) menggelar acara koordinasi dengan kepala madrasah/sekolah dan RA/TK, koordinator dan guru pamong dari 59 madrasah/sekolah mitra dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Dipandu oleh ibu Evy Luailik, S. Pd., MM., acara dimulai dengan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H.  Muhammad Thohir, S. Ag., M. Pd. Beliau megucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin serta bimbingan yang diberikan kepada mahasiswa.

Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M. Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebagai kampus moderasi UIN Sunan Ampel Surabaya membawa pesan moderasi dari pemerintah, sehingga dimohon untuk senantiasa mengawasi dan mengarahkan mahasiswa karena telah banyak pengaruh radikalisme yang masuk di madrasah/sekolah. PLP dan PMPI sebagai kesempatan bagi mahasiswa untuk menyatukan kehidupan nyata dengan materi dan teori yang dipelajari di dunia pendidikan. Selain itu mahasiswa juga belajar meneguhkan faham kewi rausahaan dalam dunia pendidikan dalam arti untuk mewujudkan kemandirian etos kerja yang mendukung pilar-pilar kewirausahaan.

Pada kesempatan ini dihadiri pula kepala lembaga, koordinator dan pembimbing pamong yang berasal dari kantor kementerian agama dari 14 kota dan kabupaten di Jawa Timur, Kantor Wilayah kementerian Agama Prov. Jawa Timur, Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Balai Latihan Kerja Prov. Jawa Timur dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah Prov. Jawa Timur yang seluruhnya berjumlah 18 lembaga.

Kebijakan umum pelaksanaan PLP II dan PMPI disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag. Beliau menjelaskan bahwa pola pelaksanaan pada tahun 2022 ini adalah secara tatap muka atau luring yang dila ksanakan selama delapan minggu mulai 7 September sampai dengan 2 November 2022. Lokasi yang digunakan adalah mitra yang telah bekerjasama.

Dilanjutkan penyampaian kebijakan administratif oleh Wakil Dekan Bidang Adminitrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Jauharoti Alfin, M. Si. Hak-hak dari seluruh pihak yang terlibat akan diberikan baik berupa honor maupun poin untuk dosen.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) baik dari PLP II maupun dari PMPI hadir pula untuk melakukan koordinasi langsung dengan undangan dari madrasah/sekolah dan lembaga.

Acara berlanjut dengan penyampaian kebijakan teknis pelaksanaan oleh Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Taufik, M. Pd. I. Dimulai dengan penjelasan teknis tentang PLP II kemudian dilanjutkan dengan PMPI. Secara umum tahapan pelaksanaan sampai dengan teknis pembimbingan hampir sama. Output yang dihasilkan dijelaskan secara detail, serta ra sio penilain untuk PLP II maupun PMPI.

Learning Management System (LMS) yang digunakan selama pelaksanaan PLP II dan PMPI adalah SATE PRADA (Sunan Ampel Teaching Practice Database Application). Pengenalan LMS disampaikan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Muhammad Syahru Ahmad S, S. Pd. Dijelaskan secara rinci tata cara mengakses LMS serta fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam melaksanakan pembimbingan maupun penilaian pada PLP II dan PMPI.

Antusiasme peserta koordinasi tampak pada banyaknya pertanyaan yang disampaikan mengenai teknis pelaksanaan maupun LMS yang digunakan. Semua pertanyaan dijawab dengan jelas dan tegas oleh para narasumber. Koordinasi diakhiri sesuai jadwal yang telah direncanakan dengan harapan semoga pelaksanaan PLP II dan PMPI berjalan lancer dan membawa manfaat bagi mahasiswa, madrasah/sekolah, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.