Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Friday, 26 August 2022

Pentingnya Publikasi dan Sensitisasi Gender di Lingkungan Kampus

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar sekolah publikasi dan sensitisasi gender di GreenSA Inn Juanda. Kegiatan ini dibagi menjadi tahap pertama pada hari Senin, 22 Agustus 2022 dan tahap kedua pada hari Jum’at, 26 Agustus 2022.

Kegiatan diawali dengan pembukaan sambutan oleh ketua LPPM, Dr. phil. Khoirun Niam berpesan bahwa arus utama yang harus ada di kampus adalah sensitisasi gender. “Deklarasi hari ini akan menjadi visualisasi maupun pernyataan seluruh peserta untuk menegaskan bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya sangat merespons terkait isu-isu gender”, ungkap Khoirun Niam. Selain itu, publikasi juga sangat penting bagi karir dosen, bagi program studi, dan bagi kampus pada umumnya. “Publikasi sangat berkaitan dengan nasib dosen, bagaimana para dosen untuk naik pangkat, dan lebih jauh lagi publikasi dapat membantu kampus dalam mencapai nilai akreditasi program studi lebih mudah”, tegas Khoirun Niam.

Selanjutnya wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., berpesan bahwa dibutuhkan keseriusan, keuletan, dan ketangguhan dari para dosen untuk menulis. “Memang menulis itu berat bagi semua dosen, itu bagi yang tidak terbiasa menulis, namun jika dosen yang terbiasa menulis, maka publikasi tidak akan menjadi beban bagi dosen”, ungkap Ali Mudlofir.

Salah satu peserta kegiatan ini tidak lain adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I., yang berpesan bahwa kinerja publikasi sangat berkorelasi dengan peringkat akreditasi Prodi dan pemeringkatan perguruan tinggi. “Keikutsertaan dosen pada sekolah publikasi yang diselenggarakan oleh LP2M merupakan suatu keniscayaan dan ikhtiar kuat untuk meningkatkan kinerja publikasi dosen”, imbuh Sirajul Arifin. 

Kegiatan diakhiri dengan kegiatan deklarasi kampus responsif gender UIN Sunan Ampel Surabaya dengan melakukan penandatanganan secara langsung banner deklarasi oleh seluruh peserta. [mij]

“Mendidik, mengajar, meneliti, dan mengabdi itu berbeda tapi saling beririsan, karena memang meneliti dan menerbitkan hasil penelitian itu berbeda” – Rumah Penerbitan

*) Materi kegiatan dapat diunduh disini