Berita
Persiapkan Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Semester Tujuh, Prodi Pendidikan IPA adakan Coaching Clinic Realizing On-Time Graduation

Jadikanlah orang tuamu yang telah mengeluarkan tetes keringatnya untuk biaya kuliahmu sebagai motivasi terbesarmu dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu

Senin, 5 September 2022, telah dilaksanakan acara Coaching Clinic untuk mahasiswa semester tujuh program studi Pendidikan IPA yang bertemakan  Realizing On-Time Graduation. Acara berlangsung mulai pukul 09:00 di Ruang Laboratorium Microteaching 304 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Digelarnya acara ini adalah dalam rangka memberikan pembekalan kepada mahasiswa Prodi Pendidikan IPA semester tujuh yang telah memprogram skripsi agar siap menjemput kelulusan tepat waktu.

Sambutan disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan IPA, Maunah Setyawati, M.Si. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan motivasi menempuh skripsi kepada mahasiswa. ”Jadikanlah orang tuamu yang telah mengeluarkan tetes keringatnya untuk biaya kuliahmu sebagai motivasi terbesarmu dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu”, tutur Maunah.  Menurutnya, sebagian besar kasus kelulusan tertunda adalah akibat kelalaian mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Kebiasaan menunda-nunda dalam pengerjaan revisi, rasa malas dan cepat puas, menjadikan mahasiswa abai dan kemudian menghabiskan waktunya dengan kurang bijak. Maka, konsisten dan rajin dalam mengerjakan skripsi, serta tidak cepat puas dengan pencapaian-pencapaian kecil, adalah kunci lulus tepat waktu.

Kegiatan coaching disampaikan oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan IPA, Nailil Inayah, M.Pd. Sebelum menyampaikan materi, beliau mengadakan sesi survey secara online berkaitan dengan kesiapan peserta menempuh skripsi. Berdasarkan hasil survey, 92% mahasiswa semester tujuh Pendidikan IPA  menyatakan belum siap menempuh skripsi ditinjau dari belum mempunyai rancangan judul skripsi, belum memahami alur skripsi, serta belum mempunyai persiapan, target dan timeline pengerjaan skripsi. Melalui survey ini, Nailil juga mencoba mengidentifikasi kesulitan-kesulitan dalam pengerjaan skripsi. 

Hasil survey dan identifikasi kemudian ditindalanjuti dengan penyampaian materi, diantaranya bagaimana cara memunculkan judul skripsi melalui pengalaman PLP I, KKN dan PLP II. Selain itu, juga disampaikan berkaitan dengan teknis alur penyelesaian skripsi yang harus dimulai sejak semester tujuh mengingat proses skripsi tidaklah mudah dan singkat. Terdapat setidaknya 18 tahap skripsi dimulai dari proses penentuan dan pengajuan judul hingga pendaftaran yudisium dan wisuda. Dalam paparannya tersebut, juga disampaikan syarat-syarat dan mekanisme pengerjaan skripsi. Nailil juga mengajak peserta untuk membuat kesepakatan kontrak timeline pengerjaan skripsi dimulai dari bulan September 2022 hingga Juli 2023 bagi mahasiswa semester tujuh ini. Artinya, jika mereka tidak menetapi timeline dan  deadline tersebut, maka tidak dapat lulus tepat waktu. Sebagai Sekprodi, beliau menyampaikan bahwa prodi akan berusaha memfasilitasi sebaik-baiknya dalam program kelulusan tepat waktu mahasiswa prodi Pendidikan IPA. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan sesi penjaringan rancangan awal judul skripsi dan jadwal pengajuannya melalui G-form.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sharing session, yang menghadirkan mahasiswa cumlaude dan first graduate Prodi Pendidikan IPA, Silvia Melinda Paramitha, S.Pd. serta beberapa perwakilan mahasiswa yang telah lulus skripsi dari angkatan 2018 dan akan mengikuti wisuda 101 oktober mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Silvia dan teman-temannya menyampaikan testimoni dan sharing  kepada adik-adik tingkatnya berkaitan dengan pengalaman mereka dalam menempuh skripsi. Silvia juga menyampaikan tips dan trik bagaimana keseriusan dalam mengerjakan skripsi sangat menentukan kelulusan tepat waktu, jangan menyepelekan bahwa skripsi itu mudah dan bisa diselesaikan dengan singkat seperti tugas-tugas kuliah lainnya. Dalam menyelesaikan skripsi juga akan ditemukan kendala-kendala namun harus tetap berjuang untuk mengatasinya agar tidak sampai stagnan di titik tersebut. Mendengar penuturan narasumber dan kakak tingkatnya tersebut, peserta kegiatan semakin antusias dan memahami apa yang harus mereka siapkan sebagai bekal menempuh skripsi di semester ini.

Sesi diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama. Mahasiswa semester tujuh Prodi Pendidikan IPA kini telah siap menempuh skripsi dan mewujudkan kelulusan tepat waktu. (NI)