Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Monday, 29 August 2022

Persiapkan Integrasi Pengabdian pada Pembelajaran, FLSLC Gelar FGD

Perkuliahan semester gasal tahun ajaran 2022/2023 akan dimulai tanggal 5 September 2022. Pekan ini adalah pekan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Sebagaimana tertuang pada SN DIKTI, pelaksanaan pembelajaran sebagai salah satu dharma perguruan tinggi perlu mengintegrasikan penelitian dan pengabdian. Model-model integrasi ini yang secara detil juga perlu dituangkan dalam RPS.

Sebagai koordinator program pengabdian dalam bentuk service learning, Pusat Studi Service Learning Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Foreign Language Service Learning Center) mengadakan Focused Group Discussion (FGD) pada Senin, 29 Juli 2022. Tujuan dari FGD ini adalah mengeksplorasi kemungkinan bentuk-bentuk service kepada komunitas mitra yang dapat sejalan dan seiring dengan target capaian mata kuliah. Sehingga kegiatan service dapat memfasilitasi learning mahasiswa untuk mencapai target tersebut. Harapah dari kegiatan FGD ini adalah service learning pada semester gasal yang akan datang dapat tepat mitra sasaran dan tepat target capaian.

Dipandu oleh Ketua FLSLC, Afida Safriani, Ph. D, FGD kali ini membahas beberapa poin penting diantaranya (1) evaluasi dari pelaksanaan service learning yang telah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya, (2) identifikasi mata kuliah yang secara kolaboratif dapat mengintegrasikan service learning, (3) bentuk-bentuk penugasan berdasarkan irisan antara service and learning, (4) penjadwalan pelaksanaan service learning, (5) kriteria komunitas mitra yang akan diajak bekerjasama, dan (5) kriteria penilaian penugasan dalam bentuk service learning.

Dari hasil FGD kali ini telah dicapai beberapa kesepakatan diantaranya jumlah mitra bidikan, pelaksanaan service learning berbasis semester yang ditempuh mahasiswa dan penjadwalan diskusi lanjutan terkait penyusunan RPS oleh rumpun mata kuliah yang akan melaksanakan service learning secara kolaboratif.  Dengan mengacu pada evaluasi service learning yang lalu utamanya kendala terkait logistik, pada semester ini direkomendasikan agar pelaksanaan service learning lebih di targetkan untuk mitra yang secara geografis dekat dengan kampus sehingga memudahkan koordinasi dan pelaksanaan. Kemitraan akan dilanjutkan dengan mitra yang sudah ada dan menambah dengan mitra baru sesuai kriteria yang telah ditetapkan.