Berita

Laboratorium

Sunday, 28 August 2022

Laboratorium FST UIN Sunan Ampel Kenalkan Instrumen Automation Extraction pada Mahasiswa

28/8/2022. Jumat, 26 Agustus 2022, laboratorium FST UIN Sunan Ampel (UINSA) kenalkan Qiacube Connect Automation Nucleic Acid Extraction System pada mahasiswa. Pengenalan ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi sekaligus pengayaan kompetensi mahasiswa, serta mengenalkan Instrumen Automasi terkini yang dimiliki oleh Laboratorium. Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa Laboratorium FST senantiasa memberi fasilitas pelayanan terbaik sebagai penunjang Penelitian Tugas Akhir mahasiswa.

QIAcube Connect dirancang untuk melakukan pemurnian asam nukleat (DNA dan RNA) serta protein secara otomatis dalam aplikasi biologi molekuler. Dengan adanya instrumen otomatis ini, ekstraksi DNA, RNA, atau protein yang selama ini memakan banyak waktu, dapat dilakukan lebih cepat dan menghasilkan kemurnian yang tinggi. Penggunaan alat ini membuat kita tidak perlu khawatir akan terjadi kontaminasi karena human error, sebab seluruh rangkaian prosesnya telah dikontrol dan dilakukan oleh alat.

Instrumen QIAcube Connect

Salah satu mahasiswa FST UINSA, Soghi Tankoiko memberikan apresiasinya kepada UINSA karena telah menghadirkan alat ekstraksi DNA, RNA, dan Protein Automasi ini ke Laboratorium FST UINSA. “Waah, sebagai mahasiswa tentunya kami menjadi lebih semangat untuk melakukan riset kolaborasi dengan dosen. Pasti mengasyikkan apabila riset tersebut diiringi dengan fasilitas laboratorium yang sangat canggih ini”.

Antusiasme Mahasiswa pada Pengenalan Alat Qiacube Connect

Senada dengan Soghi, Uno Sheva mahasiswa Biologi UINSA juga menunjukkan kekaguman pada alat ini. “Berasa memiliki robot saintifik yang canggih ya…”. Mata kuliah Genetika dan Biologi Molekular kami di Biologi akan memanfaatkan alat ini sebagai penunjang fasilitas pembelajaran. Walaupun tidak secara langsung dapat menggunakannya sekarang, pasti nanti akan ada kesempatan untuk mengoperasikan.

Mahasiswa dengan Serius mendengarkan Penjelasan dari Product Specialist

Aplikasi QIAcube Connect sangat cocok untuk laboratorium penelitian akademik serta laboratorium penelitian di bidang Biologi, Farmasi, Bioteknologi, dan Biomedis yang melakukan aplikasi, seperti: Sequencing/sequencing analysis, Gene expression analysis, Genotyping, Proteomics, dan Microbiome Research. Alat ini sebagai pelengkap kemudahan riset dan tentunya juga berpotensi untuk menghadirkan pendapatan non-UKT based UINSA. (red/YR)